GAPKI Gelar Konferensi Sawit “12th Indonesian Palm Oil Conference and 2017 Price Outlook”

web logo

SIARAN PERS
Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI)

GAPKI Gelar Konferensi Sawit
“12th Indonesian Palm Oil Conference and 2017 Price Outlook”

Greget perkembangan industri sawit Indonesia selalu menjadi perhatian masyarakat banyak baik secara nasional maupun internasional. Apalagi saat ini Indonesia adalah primadona dari penghasil minyak sawit dunia. Segala kegiatan industri sawit di Indonesia disorot dari berbagai sisi sehingga banyak orang berpendapat bahwa sawit adalah topik “seksi” untuk dibicarakan atau diberitakan.

Dalam rangka terus memberikan informasi perkembangan industri sawit Indonesia dan global terkini juga menguak prediksi harga minyak sawit ke depan, GAPKI dengan bangga kembali menyelenggarakan Indonesian Palm Oil Conference (IPOC).

Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-12 kalinya. IPOC telah berevolusi menjadi konferensi sawit terbesar di dunia. Hal ini dapat dilihat dengan tingkat capaian dan prestasi yang diukir IPOC selama 11 tahun yang telah membawa Indonesia menjadi salah satu negara yang dituju untuk mendapatkan informasi terkait sawit. Partisipan IPOC juga tercatat lebih dari 1000 orang setiap tahunnya.

12th Indonesian Palm Oil Conference and 2017 Price Outlook akan diselenggarakan pada tanggal 23-25 November 2016 di Bali International Convention Centre, The Westin Resort Nusa Dua, Bali, dengan mengusung tema “Palm Oil Development : Harmonizing Market, Society and the State”.

Industri sawit Indonesia terus berkembang dan berkibar, seiring dengan semakin besarnya industri ini semakin besar pula tantangannya baik dari sisi regulasi pemerintah, pasar maupun masyarakat pelaku industri. Sehingga dipandang perlu adanya harmonisasi industri ini untuk mencapai hasil yang maksimal, efisien dan berkelanjutan. Sehingga tema di atas diangkat secara khusus untuk membahas lebih komprehensif permasalahan yang dihadapi dan bagaimana harmonisasi industri sawit dapat dilaksanakan.

Konferensi selama dua hari ini juga akan membahas manfaat industri sawit secara socio- ekonomi dan isu kesehatan terkait dengan sawit. Selain itu juga dibahas perspektif pasar global terkait mandatori biodiesel, implikasi moratorium sawit di Indonesia dan pengaruhnya terhadap supply minyak nabati dunia, tren pasar global, dan proyeksi harga minyak sawit untuk tahun berikutnya.

IPOC tahun ini akan dibuka dan diinagurasi oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Darmin Nasution. Menteri Agraria dan Tata Ruang RI, Sofyan Djalil dan Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita juga akan hadir memberikan Special Address.

Sudah menjadi tradisi bagi IPOC menghadirkan pembicara-pembicara ahli senior dunia untuk menguak trend harga, seperti Dorab Mistry (Godrej International Ltd), James Fry (LMC International), Siegfried Falk (Oil World), Wang Liaowei (National Grain & Oils Information Centre) dan Fadhil Hasan (GAPKI).

Tahun ini secara khusus IPOC mengundang para akademisi dari universitas nasional maupun internasional. Ini merupakan suatu hal yang istimewa karena untuk pertama kalinya GAPKI membuat satu sesi khusus kepada akademisi untuk memberikan pandangan dan hasil studi mereka. Para akademisi ini adalah Prof. Iwan Jaya Azis (Cornell University), Prof. Oleg S. Medvedev (Lomonosov Moscow State University), Risa Bhinekawati (Podomoro University) dan Dr. Puspo Edi Giriwono (Institut Pertanian Bogor). Keempat akademisi ini akan membahas isu sawit terkait dengan sosio ekonomi dan isu kesehatan.

Sederatan pembicara ahli lainnya untuk membahas regulasi dan supply and demand adalah berasal dari kalangan pemerintah, lembaga swadaya masyarakat dan pengusaha nasional dan internasional. Mereka adalah Musdhalifah Machmud (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI), Bayu Krisnamurthi (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit), MS. Sembiring (Kehati), Rosan P. Roeslani (Kadin), Joko Supriyono (GAPKI), Muhammad Usman (Atase Perdagangan Pakistan untuk Indonesia), BV. Mehta (The Solvent Extractors’ Association of India) dan Metin Yurdagul (Mumsad),

IPOC merupakan wadah para pelaku bisnis dan pemangku kepentingan (stakeholders), pemilik, CEO dan eksekutif, dan para pengambil kebijakan baik tingkat nasional maupun internasional, untuk bersama-sama membahas isu-isu strategis di seputar industri kelapa sawit dari hulu sampai ke hilir. IPOC juga merupakan ajang bagi para pelaku usaha untuk memperluas jaringan usahanya baik melalui pameran produk, sponsorship maupun tatap muka secara langsung.

Keistimewaan lain dari penyelenggaraan IPOC tahun ini adalah GAPKI terus membantu pemerintah mempromosikan pariwisata dan budaya nusantara lainnya melalui seni tari yang disuguhkan pada acara pembukaan maupun acara kasual lainnya, pakaian seragam batik dan berbagai hal lainnya. GAPKI berkomitmen terus mempromosikan budaya nusantara melalui penyelenggaraan IPOC setiap tahunnya.

Animo masyarakat baik dari Indonesia maupun luar negeri akan konferensi ini selalu meningkat setiap tahunnya. Tahun lalu penyelenggaraan konferensi ini dihadiri lebih dari 1500 peserta dari 23 negara (di luar tamu undangan khusus dan pengunjung). Tahun ini kami memperkirakan peserta yang akan hadir kurang lebih 1500 peserta yang berasal dari lebih dari 30 negara di dunia.

Selain konferensi dua hari, juga akan diselenggarakan pameran industri kelapa sawit yang memamerkan berbagai produk tentang perkembangan terbaru dari teknologi, produk dan jasa dalam industri kelapa sawit. Para peserta pameran mewakili semua industri yang relevan, termasuk perusahaan desain, konstruksi dan teknik sipil, industri lingkungan dan ramah lingkungan, organisasi pengembangan sumber daya manusia, perusahaan konsultan, lembaga keuangan dan perbankan, perusahaan pengolahan minyak dan distribusi, telekomunikasi,

teknologi informasi, transportasi dan logistik, pengelolaan lingkungan, limbah dan pengelolaan air. Sebagai komplemen juga akan diselenggarakan turnamen golf pada tanggal 23 November 2015 di Nirwana Golf Club, Tabanan Bali.

Jakarta, 16 November 2016

Informasi lebih lanjut, hubungi:

Mona Surya

Ketua Panitia Penyelenggara IPOC
Sekretariat IPOC, Kantor GAPKI
Sudirman Park Rukan Blok B No. 18 Jl. KH Mas Mansyur Kav 35 Jakarta Pusat
Telp. 021-57943852, Fax. 021-57943853 / 72
www.gapkiconference.org