Skip to content

Potensi Pengembangan Biodiesel di China

Kalangan pelaku industri biodiesel mengapresiasi kebijakan pemerintah China yang menerapkan program B5 atau biodiesel campuran 5% dengan solar. Penggunaan biodiesel di China menjadi pasar potensial untuk meningkatkan ekspor produk sawit Indonesia terutama biodiesel.

Permintaan CPO akan meningkat sebesar 9 juta ton. Kebijakan ini berdampak positif bagi industri munyak sawit di Indonesia setelah berbagai tekanan Amerika Serikat dan Uni Eropa, dimana Amerika Serikat mengenakan pajak yang tinggi akibat tuduhan adanya dumping dan subsidi produk biodiesel Indonesia.

Secara khusus, tulisan ini ingin mengkaji kebijakan biodiesel China, untuk memberikan informasi penting bagi kebijakan industri sawit Indonesia, khususnya para pelaku yang terlibat langsung. Dalam kasus biodiesel, target yang ditetapkan untuk tahun 2020 adalah 2 juta ton. Bahan baku alternatif, seperti minyak limbah dan buah minyak yang memiliki semak yang tidak dapat dimakan (mis., pohon jarak), masing-masing memiliki kapasitas teknis untuk memenuhi target.

Hambatan utamanya adalah biaya biodiesel yang relatif mahal dibandingkan harga solar di China. China tidak dapat memenuhi target biofuelnya dalam skenario bisnis seperti biasa. Hal ini menjadi alasan jutama China memilih minyak sawit dengan harga yang jauh lebih murah untuk memenuhi kebijakan B5 tersebut. Dan hal ini akan berdampak positif bagi pengembangan kerja sama Indonesia dan China dalam pengembagan biodiesel.

PENDAHULUAN

Kalangan pelaku industri biodiesel mengapresiasi kebijakan pemerintah China yang menerapkan program B5 atau biodiesel campuran 5% dengan solar. Penggunaan biodiesel di China menjadi pasar potensial untuk meningkatkan ekspor produk sawit Indonesia terutama biodiesel. Dengan kebijakan B5 di China, permintaan CPO akan meningkat sebesar 9 juta ton. Kebutuhan bahan bakar solar China sebesar 180 juta Kl. Apabila dikalikan 5% sama dengan 9 juta Kl atau setara 9 juta ton. Tahun 2016, ekspor produk sawit Indonesia ke China mencapai 3,8 juta ton.

Dalam pertemuan Belt and Road Forum for International Cooperation di Beijing, China pada pertengahan Mei 2017. Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa pemerintah Indonesia menyambut baik program mandatori biodiesel 5% yang dikembangkan China. Hal ini akan membutuhkan pasokan minyak kelapa sawit yang akan meningkat sepanjang tahun.

Di sisi lain, kebijakan ini menambah kegairahan industri munyak sawit di Indonesia setelah berbagai tekanan Amerika Serikat dan Uni Eropa terhadap ekspor CPO ke negara tersebut. Tingginya permintaan CPO maupun biodiesel dari China dapat menutupi lesunya penjualan ke Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Khusus biodiesel, Amerika Serikat menerapkan kebijakan anti dumping dan subsidi kepada produk biodiesel Indonesia. Hal ini berdampak pada penurunan ekspor biodiesel ke Amerika Serikat. Akibat pengenaan bea masuk yang relatif tinggi, harga jual biodiesel Indonesia menjadi tidak kompetitif. Secara empiris hal ini bisa langsung dilihat, dimana semenjak 2016 ekspor biodiesel ke Amerika Serikat tidak kompetitif dan mengalami penurunan.

Secara khusus, tulisan ini ingin mengkaji kebijakan biodiesel China, untuk memberikan informasi penting bagi kebijakan industri sawit Indonesia, khususnya para pelaku yang terlibat langsung.

SITUASI BIOMASSA DI CHINA

Perkembangan ekonomi RRC yang tergolong pesat, berdampak pada permintaan energi China yang juga meningkat pesat. Total konsumsi energi China sudah menempati tempat kedua di dunia. Konsumsi minyak China dan impor bersih memiliki trend yang positif sejak 1990 hingga saat ini. Sejak tahun 1993 ketika China menjadi negara impor bersih minyak bumi, ketergantungan pada impor minyak meningkat dari 7,6% pada 1995 menjadi 47,0% pada tahun 2006. Hal ini diperkirakan bahwa pada tahun 2020 konsumsi dan impor minyak bumi di China masing-masing akan berjumlah 450 juta ton dan 250 juta ton, dengan ketergantungan 55% minyak bumi pada impor minyak bumi. Diperkirakan bahwa transportasi akan memberikan kontribusi pertumbuhan konsumsi minyak yang paling besar di masa depan. Dibandingkan dengan konsumsi minyak di bidang transportasi pada tahun 2000 yang menyumbang sekitar 1/3 dari konsumsi minyak bumi total, diperkirakan bahwa rasio akan meningkat menjadi 43% dan 57% pada tahun 2010 dan 2020.

PENGEMBANGAN BIOFUEL DI CHINA

Karena pasokan bahan bakar yang tidak cukup dan persyaratan untuk hemat energi dan pengurangan emisi polutan, pemerintah nasional China memberikan perhatian lebih dan lebih untuk penelitian dan pengembangan biofuel. Tahun 2005, Pemerintah China mengeluarkan kebijakan penggunaan Energi Terbarukan.

Proyek bensin etanol dimulai pada tahun 2001 di China dan dukungan pemerintah memainkan peran penting pada simulasi pengembangan bensin etanol di China, terutama pada tahap inisiasi demonstrasi bensin etanol dengan kebijakan preferensial seperti insentif. Insentif meliputi: (a) Cukai bahan bakar ethanol terdenaturasi (5%) adalah gratis. (b) Pajak nilai tambah bahan bakar ethanol terdenaturasi dikenakan lebih dulu, dan kemudian diberikan kembali ke penyedia etanol. (c) Harga bahan bakar ethanol terdenaturasi yang dijual kepada perusahaan-perusahaan minyak yang juga operator pencampuran. (d) Tunjangan dibayarkan ke penyedia etanol. Insentif ini akan dieksekusi sampai 2008. Untuk menjamin keamanan pangan, tidak ada lagi pabrik bahan bakar etanol berbasis makanan yang diizinkan lagi oleh pemerintah nasional China. Di masa depan, bahan baku, non-makanan, termasuk singkong, ubi jalar, sorgum manis dan lignoselulosa berpotensi untuk produksi bahan bakar etanol. Sebuah pabrik bahan bakar etanol 200.000 ton/tahun dengan singkong sebagai bahan baku di provinsi Guangxi telah diizinkan oleh pemerintah dan diharapkan untuk dapat memulai segera. Keempat pabrik bahan bakar ethanol yang adapun didorong untuk menggunakan bahan baku non-pangan juga.

Beberapa biodiesel digunakan untuk pemanfaatan non-mesin. Satu masalah dalam pengembangan biodiesel di China sekarang adalah pasokan bahan baku. China perlu mengimpor lebih dari 6 juta ton minyak nabati per tahun. Tidak mungkin untuk menggunakan minyak nabati seperti minyak kedelai dan minyak rapeseed untuk produksi biodiesel. Sekarang mayoritas pabrik biodiesel di China menggunakan limbah minyak sebagai bahan baku. Namun, dengan perkembangan biodiesel, harga limbah minyak menjadi semakin tinggi dan tinggi lagi. Salah satu kebijakan yang telah diimplementaskan adalah program nasional pembangunan hutan diarahkan ke bioenergy. Tanaman yang saat ini sedang dikembangkan adalah jarak pagar.

PERKEMBANGAN BIOFUEL SAAT INI DI CHINA

Perkembangan biofuel di China telah mengalami tiga tahap berbeda, seperti yang diilustrasikan pada Gambar 1. Dari tahun 2002 sampai 2004 adalah periode awal biofuel. Lima kota (Zhengzhou, Luoyang, Nanyang, Haerbin, dan Zhaodong) dipilih untuk meluncurkan Program Pilot Pilot Bensin dengan menggunakan kendaraan. Pada tahun 2004, Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional (NDRC) dan tujuh departemen lainnya memperluas area uji etanol bahan bakar ke sembilan kabupaten demonstrasi di tingkat provinsi dan perkotaan. Selama tiga tahun berikutnya, produksi etanol tumbuh dengan cepat; Dengan campuran bensin etanol 10% (E10) yang menyebar ke sembilan provinsi yang menyumbang sekitar 20% dari konsumsi bensin nasional pada Desember 2006. Pada bulan Desember 2006, pemerintah China mengumumkan untuk memperkuat peraturan masuk untuk menghindari dampak negatif terhadap keamanan pangan. Dan sistem ekologi. Karena peraturan tersebut diberlakukan, kecepatan ekspansi biofuel telah melambat secara signifikan dan kenaikan produksi terutama berasal dari perluasan kapasitas proyek yang ada.

Titik balik pada bulan Desember 2006 mengenai kebijakan yang ada dapat dijelaskan dari setidaknya tiga aspek. Pertama, motivasi awal bahan bakar etanol adalah memanfaatkan butiran tua, namun persediaan gandum berumur cepat dikonsumsi dan mendekati nol pada tahun 2006 (Shang, 2006). Kedua, harga pangan internasional mulai melonjak sejak 2006. Indeks harga pangan internasional adalah 101,37 pada Januari 2006, sementara meningkat menjadi 114,84 di bulan Desember dengan cepat (IMF, 2011). Bahkan kenaikan harga gandum domestik utama di China, yaitu jagung, gandum dan beras, tidak terlalu banyak (Huang, et al., 2010), masih merupakan implikasi kuat terhadap kerawanan pangan potensial. Ketiga, terjadi lonjakan dalam menerapkan kapasitas produksi baru, yang akan menggunakan biji-bijian segar sebagai bahan baku sehingga menyebabkan masalah bahan bakar vs. makanan di China.

Pada 2010, hanya ada lima pabrik bahan bakar etanol dengan nilai produksi 1,86 juta ton di China (4,81% dan 8,41% produksi etanol etanol di AS dan Brasil dengan volume 1), termasuk proyek etanol bahan bakar 200.000 ton dengan menggunakan singkong sebagai bahan baku. Dua perusahaan minyak besar – China National Petroleum Corporation (CNPC) dan China Petrochemical Corporation (SINOPEC) – dan sebuah perusahaan agribisnis besar – China National Grere, Oil & Foodstuffs Corp (COFCO) – telah terlibat dalam produksi etanol bahan bakar melalui penetapan Investasi, kepemilikan saham dan mekanisme lainnya. SINOPEC, CNPC, dan perusahaan minyak utama lainnya – China National Offshore Oil Corp (CNOOC) – juga terlibat dalam produksi biodiesel.

Produksi biodiesel di China sekarang banyak dilakukan oleh perusahaan swasta yang menggunakan minyak limbah sebagai bahan baku. Kapasitas total sekitar 1,5 Juta ton (Liu dkk 2011), dan bahkan 2 juta ton (CRES, 2010). Sekitar 10 kapasitas perusahaan lebih tinggi dari 100.000 ton, yaitu Zhuoyue (100.000 ton) di Provinsi Fujian. Dan beberapa perusahaan mengadopsi teknologi maju (yaitu, proses katalisis enzimatik oleh Sungai di provinsi Hunan (20.000 ton).

Pemerintah China sangat menekankan jalur pengembangan non- grain (non-food oil) dalam berbagai dokumen kebijakan, yaitu Rencana Pembangunan Energi Terbarukan Jangka Menengah dan Jangka Panjang oleh NDRC, Rencana Pembangunan Bioenergi Pertanian (2007-2015) oleh Kementerian Pertanian, dan Isu Pengembangan dan Promosi Tanaman Minyak oleh Kantor Umum Dewan Negara. Dalam studi ini, kita membahas berbagai opsi teknologi yang diperbolehkan berdasarkan rencana ini. Pilihan ini meliputi: (i) bahan bakar etanol dari pati non-butiran dan tanaman gula, (ii) biodiesel dari pohon bantalan minyak, (iii) biodiesel dari minyak limbah, dan (iv) biofuel dari biomassa selulosa (biofuel generasi kedua). Untuk setiap teknologi, pertama-tama kami menyajikan potensi sumber daya yang diikuti oleh biaya pasokan dan tantangan utama.

KEBIJAKAN PEMERINTAH CHINA

Sejumlah besar kebijakan, mulai dari instrumen komando dan kontrol (yaitu peraturan standar, peraturan wajib dan peraturan) dan langkah-langkah fiskal dan ekonomi (pembebasan dan subsidi pajak) telah diperkenalkan di China untuk mendukung pengembangan biofuel . Kebijakan ini ditujukan pada tahap yang berbeda dari rantai biofuel, meliputi produksi bahan baku, dan konversi bahan baku menjadi biofuel dan konsumsi bahan bakar nabati. Untuk bahan bakar etanol, sebagian besar kebijakan dirancang sebelum 2007 dan hanya berlaku untuk proyek yang ditunjuk. Sejak 2007, ada beberapa kebijakan preferensial untuk biodiesel, terutama untuk biodiesel berbasis minyak buangan.

Setiap teknologi menghadapi masing-masing hambatan yang berbeda, namun biaya pasokan merupakan salah satu penghalang utama yang dihadapi oleh semua jalur, terutama dari biaya bahan baku. Etanol bahan bakar non-butiran menarik perhatian lebih untuk mengatasi hambatan ekonomi mereka karena beberapa kebijakan yang disarankan.

Biofuel generasi kedua diproyeksikan sebagai jalur yang paling menjanjikan dalam jangka menengah dan panjang. Beberapa negara memiliki ketentuan preferensial yang mendorong penggunaan biofuel generasi kedua (misalnya, target kebijakan spesifik di Amerika Serikat). Dukungan kebijakan untuk biofuel generasi kedua di China terutama berfokus pada penelitian dan pengembangan (Litbang), sementara hampir tidak ada kebijakan khusus untuk penyebaran biofuel generasi kedua di China. Hal ini diperlukan untuk beralih secara bertahap dari litbang ke kebijakan penerapan pasar.

Hambatan non-ekonomi masih ada di China, seperti administrasi. Sebagian besar kebijakan yang ada terkait etanol bahan bakar ditujukan untuk etanol berbasis biji (yaitu jagung atau gandum). Tanpa izin pemerintah pusat, perusahaan etanol bahan bakar baru tidak memiliki akses ke industri biofuel, tidak ada subsidi finansial, pembebasan pajak dan dukungan kredit perbankan, bahkan tidak ada akses ke saluran distribusi. Meskipun ada peraturan masuk, masih belum ada indikator atau pedoman transparansi mengenai jenis tanaman tepung pati dan gula yang harus ditunjuk.

Pengenalan kriteria keberlanjutan mungkin diperlukan untuk memastikan bahwa industri biofuel China membantu mengurangi emisi gas rumah kaca. Standar Bahan Bakar Terbarukan A.S. dan Arahan UE keduanya menempatkan upaya pada langkah-langkah untuk memastikan bahwa bahan bakar terbarukan memang mengurangi emisi gas rumah kaca dan memerlukan ambang batas GHG siklus hidup minimal dibandingkan konsumsi bahan bakar fosil setara (Sorda, dkk., 2010).

Hambatan non-ekonomi lainnya adalah informasi. Analisis berbasis sains lebih banyak untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan penerimaan ke masyarakat sangat diperlukan.

REVIEW PROYEKSI BIOFUEL DAN IMPLIKASINYA

Gambaran tentang literatur yang ada mengenai proyeksi biofuel dalam jangka menengah dan panjang disajikan di sini.

Untuk menunjukkan peran kebijakan, skenario ini dikelompokkan sebagai Reference Storyline (RSL) dan Policy Storyline (PSL). RSL mencakup skenario yang dirancang sebagai skenario bisnis seperti biasa atau skenario kebijakan saat ini yang mengikuti kebijakan saat ini; Dan PSL mencakup skenario dengan kebijakan tambahan mengenai konservasi energi atau yang membahas perubahan iklim yang dimodelkan.

Skenario proyeksi cluster relatif selama jangka pendek (pada tahun 2020) daripada jangka panjang (pada tahun 2050). Nilai minimum proyeksi 2020 biofuel adalah 4 Mtoe dari Skenario Kebijakan Saat Ini (IEEE) (2011a), sedangkan nilai maksimumnya adalah 29,8 Mtoe dari Skenario Aktif (AS) dari RGCMLEDS (2011) 5. Untuk memenuhi usulan sub target bahan bakar etanol dan biodiesel, minimal 8,18 Mtoe harus diproduksi mengingat nilai panas etanol bahan bakar 0,6377 kaki/ton dan biodiesel sebesar 0,903 ton/ton.

Seperti pada sub target bahan bakar etanol dan biodiesel, hampir semua skenario memberikan proyeksi optimis pada biodiesel, sementara perbedaan besar pada proyeksi etanol bahan bakar pada tahun 2020. Proyeksi minimum adalah dari skenario M1 Chang et al. (2012), yang dianggap sebagai pengembangan etanol bahan bakar yang paling pesimis pada tahun 2020. Proyeksi maksimumnya adalah dari Skenario Paling Optimis (MOS) Li & Chan-Halbrendt (2009), yang diidentifikasi sebagai skenario optimasi terbanyak oleh penulis.

Kumpulan kebijakan tambahan dimodelkan untuk menunjukkan keefektifan untuk memicu pengembangan biofuel di tahun-tahun berikutnya pada tahun 2020.

Kebijakan ini mencakup peraturan yang kurang ditambah dengan pedoman berkelanjutan (MOS dari Li & Chan- Halbrendt (2009); L1 & L2 dari Chang, dkk. (2012));

Mempercepat pengembangan teknologi (M2 & L2 dari Chang et al. (2012); BA dari Zhang, et al. (2012); MS & AS dari RGCMLEDS (2011); MOS dari Li & Chan-Halbrendt (2009)); Meningkatkan target pengikatan saham energi terbarukan (NPS dari IEA (2011a); AS dari RGCMLEDS (2011)); Keamanan energi (Qiao, et al., 2010); Terlepas dari perbedaan metodologis pemodelan, semua skenario menunjukkan perspektif pengembangan biofuel dengan mengadopsi berbagai pilihan kebijakan.

KESIMPULAN

China mentargetkan dapat memasok 10% pasokan energi pada tahun 2010 and 15% pada tahun 2020 melalui sumber energi terbarukan termasuk pembangkit listrik tenaga air, biomassa, angin dan matahari.

Sementara sebagian besar teknologi energi terbarukan telah mencapai atau bahkan melampaui target 2010, etanol bahan bakar non-biji tertinggal dari targetnya mencapai 2 juta ton untuk tahun 2010 dan 10 juta ton untuk tahun 2020.

Studi ini menunjukkan bahwa sejumlah bahan baku non-biji-bijian seperti singkong, sorgum manis dan ubi jalar yang ditanam di lahan subur produktif rendah atau lahan marjinal memiliki potensi yang cukup untuk memenuhi target etanol pada tahun 2020. Biaya produksi etanol dari bahan baku ini bervariasi dari 4.887 Yuan/ton menjadi 6.802 Yuan/ton. Yang sebanding dengan harga grosir etanol yang ada di China. Namun, jika lahan ini digunakan untuk bahan bakar nabati bukanlah pertanyaan yang mudah dijawab karena lahan ini dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan biji-bijian untuk memenuhi target swasembada China pada pasokan gandum. Di sisi lain, bahan baku selulosa, seperti residu pertanian dan hutan memiliki potensi teknis yang jauh lebih tinggi untuk memasok etanol, namun biayanya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman non-gandum yang disebutkan di atas.

Dalam kasus biodiesel, target yang ditetapkan untuk tahun 2020 adalah 2 juta ton. Bahan baku alternatif, seperti
minyak limbah dan buah minyak yang memiliki semak yang tidak dapat dimakan (mis., pohon jarak), masing- masing memiliki kapasitas teknis untuk memenuhi target. Sekali lagi, biaya produksi merupakan hambatan utama karena biaya biodiesel yang dihasilkan dari bahan baku ini akan lebih tinggi dibandingkan harga solar di China. Berbagai langkah kebijakan, terutama insentif finansial, seperti subsidi langsung terhadap gula non-gabah dan etanol berbasis tepung dan etanol selulosa, membangun sistem daur ulang untuk mengurangi biaya bahan baku biodiesel berbasis minyak buangan, dan meningkatkan subsidi ke semak bantalan minyak Akan dibutuhkan untuk mengatasi hambatan biaya untuk biofuel di China.

Sebagian besar penelitian memprediksi bahwa China tidak dapat memenuhi target biofuelnya dalam skenario bisnis seperti biasa. Namun, dengan diperkenalkannya intervensi kebijakan tambahan, negara tersebut akan memenuhi target tersebut.

TIM RISET PASPI

Post View : 2101
EnglishIndonesia