Skip to content

PENGEMBANGAN BIODIESEL DI THAILAND : Orientasi Swasembada Domestik

Thailand merupakan salah satu negara penting dalam industri minyak sawit dunia, karena Thailand berada pada urutan ketiga setelah Indonesia dan Malaysia. Tujuan studi ini secara khusus mengkaji pengembangan biodiesel di Thailand, dan ingin menganalisis sejauh mana potensi Thailand dalam industri biodiesel dunia di masa mendatang. Data menunjukkan, Thailand memiliki kebijakan nasional dalam pengembangan biofuel (bioetanol dan biodiesel), dan saat ini tingkat keberhasilan mandatori biodiesel Thailand masih berada pada B3 s.d. B7.

Tingkat produksi domestik belum dapat memenuhi tingkat konsumsi, dan Thailand juga tidak melakukan kebijakan impor bahan baku CPO untuk mendorong percepatan kebijakan biodiesel di negara tersebut. Kebijakan perdagangan biodiesel Thailand yang berorientasi swasembada domestik. Rumusan kebijakan biodiesel Thailand telah tersusun dengan baik hingga proyeksi tahun 2036. Namun realisasi hingga saat ini, kebijakan mandatori biodiesel Thailand baru mencapai B3 dan saat ini sedang diupayakan mencapai B7.

Namun B7 juga tidak akan mampu memenuhi harapan tersebut, sehingga, proyeksi yang diharapkan dapat memenuhi harapan tersebut ialah dengan pengembangan B10 pada tahun 2019 dan B15 pada tahun 2022. Dengan pryeksi ini, maka target 5,1 milyar liter pada tahun 2036 akan bisa dicapai. Implikasi dari kebijakan tersebut adalah penguatan industri hulu dan membuka kerja sama pengadaan bahan baku CPO antar negara(G to G).

PENDAHULUAN

Isu renewable energy (energi terbarukan) menjadi salah satu isu sentral dunia, mengingat energi fossil akan terbatas dalam jangka panjang dan terutama dilandasi oleh sifat ramah lingkungan (green). Dalam satu dekade terakhir, perkembangan biodiesel mulai tumbuh di sejumlah negara-negara maju, dan juga di negara Thailand yang didukung oleh ketersedian bahan baku CPO untuk biodiesel.

Biodiesel merupakan komoditas yang paling baik untuk menggantikan bahan bakar fosil sebagai sumber energi transportasi utama dunia. Penggunaan dan produksi biodiesel meningkat dengan cepat, terutama di Eropa, Amerika Serikat, dan Asia, meskipun dalam pasar masih sebagian kecil saja dari penjualan bahan bakar. Pertumbuhan SPBU membuat semakin banyaknya penyediaan biodiesel kepada konsumen dan juga pertumbuhan kendaraan yang menggunakan biodiesel sebagai bahan bakar.

Tahun 2010, produksi biodiesel dunia mencapai 20,29 juta kl, dan tahun 2016 telah meningkat 64% menjadi 33,25 juta kl. Dengan rata-rata kenaikan 3,86 persen per tahun, maka tahun 2025, diproyeksikan produksi biodiesel dunia akan mencapai 41,38 juta kl atau 2 kali lipat dibandingkan produksi tahun 2010. Sebagai negara produsen CPO, Thailand telah mengembangkan industri hilir biodiesel. Tulisan ini secara khusus mengkaji pengembangan biodiesel di Thailand, dan ingin menganalisis sejauh mana potensi Thailand dalam industri biodiesel dunia di masa mendatang.

KEBIJAKAN BIODIESEL DI THAILAND

Rencana Energi Nasional Thailand (Thailand’s National Energy Plan , NTEP, 2015-2036) atau Cetak Biru Energi Terpadu Thailand (Thailand Integrated Energy Blueprint, TIEB 2015) disahkan pada bulan Oktober 2015 dan selaras dengan Rencana Pembangunan Ekonomi dan Sosial Thailand ke-11. Rencana energi nasional saat ini mencakup 5 rencana induk: Rencana Pengembangan Energi Alternatif (AEDP), Rencana Pengembangan Tenaga Listrik (PDP), Rencana Pembangunan Efisiensi Energi (EEDP), Rencana Pengembangan Minyak (ODP), dan Rencana Pengembangan Gas (PDB). TIEB juga membentuk dasar komitmen Thailand pada Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan BangsaBangsa 2015 (COP 21).

Thailand saat ini menerapkan Rencana Pengembangan Energi Alternatif 2015 (Alternative Energy Development Plan, AEDP 2015) yang mencakup pengembangan energi terbarukan dan energi alternatif di Thailand sampai 2036. AEDP 2015 bertujuan bahwa 30 persen dari total konsumsi energi akan menggunakan energi terbarukan pada tahun 2036. Di bawah AEDP 2015, pangsa energi terbarukan dan alternatif dari biofuel memiliki target peningkatan dari 7 persen dari total penggunaan energi bahan bakar pada tahun 2015 menjadi 25 persen pada tahun 2036. Untuk mencapai tujuan ini, pemerintah Thailand menargetkan peningkatan konsumsi etanol dari 1,18 miliar liter pada tahun 2015 menjadi 4,1 miliar liter pada tahun 2036, dan peningkatan konsumsi biodiesel dari 1,24 miliar liter pada tahun 2015 menjadi 5,1 miliar liter pada tahun 2036.

Di bawah kebijakan etanol Thailand, pemerintah mempromosikan penggunaan gasohol melalui insentif harga (keringanan pajak di tingkat ritel) dan pengurangan pajak cukai untuk mobil yang kompatibel dengan bensin E20 dan E85. Untuk meningkatkan konsumsi biodiesel, pemerintah terus memberlakukan mandatori pencampuran (blending) biodiesel dengan solar (fosil fuel) yang dipasok ke semua sektor pasar, termasuk penggunaan transportasi, kereta api, transportasi laut, pertanian, dan industri.

Kementerian Energi dilaporkan meninjau Cetak Biru Energi Terpadu Thailand (Thailand Integrated Energy Blueprint , TIEB 2015), termasuk AEDP 2015, dengan mempertimbangkan bahwa harga minyak bumi global yang rendah masih terus berlanjut dalam jangka panjang dan akan berdampak pada produksi domestik tidak dapat memenuhi tingkat konsumsi yang ditargetkan sampai tahun 2036. Produksi dalam negeri jauh di bawah target di bawah rencana pengembangan biofuel yang dilaksanakan selama dekade terakhir. Produksi CPO, bahan baku utama untuk produksi biodiesel, mengalami stagnasi dalam beberapa tahun terakhir dan prospek produksi di masa depan menunjukkan ketidakpastian.

Sementara rencana AEDP yang baru tidak akan disetujui secara resmi sampai akhir 2017, ada harapan kuat bahwa target konsumsi BBM dan biodiesel tahun 2036 akan diturunkan menjadi 2,6 miliar liter untuk 2015. Strategi tersebut, seperti di masa lalu, adalah bahwa tujuan penggunaan biofuel harus dipenuhi dengan menggunakan sumber daya domestik hanya dengan tidak bergantung pada impor bahan bakar nabati atau bahan baku biofuel.

BIODIESEL THAILAND

Di bawah AEDP 2015, pemerintah Thailand menetapkan target konsumsi biodiesel sebesar 5,1 miliar liter pada tahun 2036. Di sisi permintaan, pemerintah terus memberlakukan pencampuran wajib biodiesel dengan solar untuk semua pasar penggunaan akhir. Rencananya bertujuan untuk meningkatkan tingkat perpaduan wajib dari kebutuhan B7 ke B10 dan B20 saat ini.

Pemerintah mulai mensubsidi penggunaan B20 di truk-truk besar secara sukarela mulai tahun 2016, dan bermaksud untuk menerapkan persyaratan B10 pada tahun 2018 untuk semua penjualan diesel. Di sisi penawaran, pemerintah meningkatkan target areal minyak sawit menjadi 10,20 juta rai (1,63 juta hektar) pada tahun 2036. Produksi TBS segar diperkirakan mencapai 29,46 juta metrik ton (MMT) pada 2036. Dari TBS produksi, 4,24 MMT TBS akan diproses sebagai biodiesel pada 2036.

Namun, para pembuat kebijakan di Kementerian Energi dan Kementerian Pertanian dan Koperasi (MOAC) baru-baru ini sepakat bahwa rencana konsumsi biodiesel wajib untuk tahun 2036 mungkin tidak dapat dicapai (mengingat strategi tersebut tidak mengizinkan ketergantungan pada impor). Meskipun terjadi peningkatan pada area panen, produksi minyak sawit mentah (CPO), satu-satunya bahan baku yang digunakan untuk biodiesel di Thailand, mengalami stagnasi pada 1,8-2,0 juta dari 2014-2016 karena kondisi cuaca yang tidak menguntungkan.

Peningkatan areal kelapa sawit terbukti lebih menguntungkan secara ekonomis dibandingkan tanman lain. Berdasarkan penerapan pengukuran EEDP, Pos mengantisipasi bahwa konsumsi bensin harus tumbuh pada tingkat 5 persen per tahun selama 2023-2027 sementara konsumsi solar harus meningkat pada laju yang lebih lambat yaitu 1,5-2,0 persen per tahun pada tahun-tahun tersebut.

PRODUKSI BIODIESEL

B100, atau biodiesel, di Thailand saat ini diproduksi dari bahan baku turunan minyak kelapa sawit seperti minyak mentah minyak kelapa sawit (CPO), minyak sawit rumahan mentah (RBDPO), stearin sawit, dan asam lemak bebas minyak sawit (FFA). Kampanye Thailand untuk memanfaatkan minyak goreng bekas untuk produksi biodiesel ada di antara satu atau dua perusahaan biodiesel sebagai kampanye tanggung jawab sosial perusahaan; Namun, penggunaannya terbatas pada 5-6 juta liter minyak goreng yang tidak terpakai per tahun.

Produksi biodiesel didorong oleh mandat pemerintah, terutama ditujukan untuk membantu petani kelapa sawit. Semua bahan baku minyak sawit yang digunakan untuk biodiesel ada di dalam negeri sejak pemerintah secara ketat mengendalikan impor minyak sawit. Sementara itu, pencampuran biodiesel di antara kilang minyak bumi dikontrol dan dipantau ketat untuk memenuhi persyaratan pencampuran biodiesel wajib. Semua solar dalam negeri diperlukan untuk memenuhi persyaratan pencampuran ini termasuk solar untuk pengiriman darat darat, kereta api, pertanian, dan industri.

Tabel 1: Produksi Biodiesel di Thailand

Produksi biodiesel pada 2016 turun untuk pertama kalinya dalam sejarah barubaru ini menjadi 1,24 miliar liter dari 1,25 miliar liter pada tahun 2015. Akibat kekeringan yang mempengaruhi produksi CPO, pemerintah mengurangi tingkat campuran biodiesel wajib dari B7 ke B5 pada bulan Juli 2017 dan ke B3 di Agustus 2017. Produksi biodiesel diperkirakan akan tumbuh sedikit di tahun 2017 dan 2018, menjadi 1,42 miliar liter dan 1,48 miliar liter, berdasarkan kemungkinan bahwa persyaratan campuran wajib berkisar antara B5 dan B7.

Pos mengantisipasi bahwa AEDP baru (AEDP 2017) akan mencegah adanya tujuan wajib di luar B7 dari 2018-2020. Ini menyiratkan bahwa pertumbuhan produksi biodiesel untuk tahun-tahun tertentu ini bergantung pada peningkatan konsumsi solar. Diperkirakan sekitar 70 persen B100 berasal dari RBDPO atau CPO, 22 persen dari stearin sawit, dan 8 persen dari FFA. Pasokan CPO yang tersedia untuk kebutuhan pangan, pakan, dan industri dalam negeri, ditambah ekspor diperkirakan akan meningkat menjadi 2,2 juta metrik ton (MMT) pada tahun 2018 dari 2,0 MMT pada tahun 2017.

Meskipun terus meningkat dalam penanaman dan luas panen kelapa sawit, produktivitas kelapa sawit selama beberapa tahun terakhir telah terhambat oleh kondisi kering mulai 2014 hingga pertengahan 2016. Akibatnya, total produksi CPO pada tahun 2016 turun 10 persen menjadi 1,8 MMT dari 2,07 MMT pada tahun 2015.

Saat ini, 12 produsen, menurut Departemen Energi Bisnis, beroperasi dengan perkiraan total kapasitas produksi 2,06 miliar liter per tahun. GGC memperoleh B. Grimm Green Power dan mengganti namanya menjadi GI Green Power pada tahun 2016. GGC sedang membangun pabrik biodiesel baru yang akan menambahkan 210 juta liter per tahun lainnya menjadi 450 juta liter dari dua tanaman (CCG dan GI Green Power) pada tahun 2018. Pabrik biodiesel lain dengan kapasitas produksi 110 juta liter per tahun juga sedang dibangun dan dijadwalkan beroperasi pada tahun 2018.

KONSUMSI

Mandat Diesel blending telah efektif dalam meningkatkan konsumsi biodiesel. Mandat dikontrol dan dipantau secara ketat dan harus digunakan di semua bahan bakar diesel. Secara umum, pasar utama untuk penggunaan diesel di Thailand adalah transportasi darat, terhitung sekitar 60 persen dari total konsumsi diesel, diikuti oleh pertanian sebesar 20 persen, industri sebesar 17 persen, dan penggunaan lainnya termasuk kereta api sebesar 3 persen.

Meskipun kebijakan pemerintah pada tahun 2016 memiliki tingkat pencampuran wajib B7, karena bahan baku minyak goreng dan kontrol impor yang tidak memadai, pemerintah menyesuaikan tingkat pencampuran biodiesel wajib tiga kali pada tahun 2016. Akibatnya, tingkat campuran rata-rata biodiesel dalam diesel produksi turun ke 5,6 persen pada 2016 dari 5,7 persen pada tahun 2015.

Tingkat rata-rata pencampuran diperkirakan meningkat menjadi 6,0 persen pada 2017 berdasarkan antisipasi pemulihan produksi CPO. Meskipun pemerintah menerapkan beberapa langkah di bawah EEDP, konsumsi diesel, yang merupakan permintaan turunan untuk penggunaan biodiesel, diperkirakan akan mempertahankan pertumbuhan tahunan sebesar 2,5-2,7 persen dari tahun 2018-2022, dan kemudian diprakirakan melambat menjadi 1,5-2,0 persen setelah 2022 dan jadwal penyelesaian kereta kecepatan tinggi Thailand.

Total penjualan diesel resmi, dilaporkan oleh Departemen Energi Bisnis, meningkat 3,5 persen pada 2016 menjadi 22,7 miliar liter. Harga rendah yang berlaku diperkirakan akan mendorong konsumsi biodiesel naik 3,0 persen per tahun pada 2017 dan 2018. Konsumsi biodiesel diperkirakan akan tumbuh menjadi 1,42 miliar liter 2017 dan 1,48 miliar liter pada 2018.

Kantor Kebijakan dan Perencanaan Energi (EPPO) di bawah Kementerian Energi menghitung harga referensi untuk biodiesel berdasarkan biaya produksi biodiesel aktual, dan mengumumkannya setiap minggu. Harga referensi digunakan sebagai pedoman untuk transaksi biodiesel, namun kebanyakan produsen biodiesel biasanya menerima 3-5 baht/liter (9-14 sen/liter) lebih rendah dari harga referensi ini karena persaingan yang terbatas di antara produsen diesel. Pada 2016, harga biodiesel aktual yang dibayar oleh kilang minyak bumi (diesel) dikabarkan berkisar antara 32,5033,60 baht/liter (94-97 sen/liter).

PERDAGANGAN

Pemerintah Thailand membatasi impor biodiesel untuk melindungi petani kelapa sawit dalam negeri. Impor dan ekspor biodiesel Thailand minimal dan ditemukan dengan menambahkan biodiesel bersama (disesuaikan dengan setara B100) yang bergerak di bawah kode HTS 3826.00 dan 2710.20. Ekspor biodiesel (setara dengan B100) adalah 15,9 juta liter pada tahun 2016, dibandingkan dengan 2,81 juta liter pada tahun 2015. Impor biodiesel (setara B100) mencapai 5,0 juta liter pada tahun 2016, dibandingkan dengan 1,85 juta liter pada tahun 2015. Tarif impor untuk minyak bumi yang mengandung sampai dengan dan termasuk 30 persen biodiesel menurut volume (HTS 2710.20) adalah 0,01 baht/liter (28 sen per 1.000 liter), sementara tidak ada tarif impor untuk biodiesel lebih besar dari B30 dan sampai dengan dan termasuk B100 (biodiesel murni) (HTS 3826.00).

WIDENING GAP PRODUKSI DAN KONSUMSI BIODIESEL

Pada tahun 2008, konsumsi diesel Thailand mencapai 17.634 juta liter. Sedangkan produksi biodiesel mencapai 580 juta liter. Hal ini menunjukkan gap antarakonsumsi dan produksi cukup besar, yakni 17.054 juta liter. Setelah 1 dekade, pad atahun 2017, konsumsi diesel Thailand mencapai 23.400 juta liter. Sedangkan produksi biodiesel mencapai 1.420 juta liter. Hal ini menunjukkan gap antarakonsumsi dan produksi naik menjadi 21.98 juta liter.

Dengan rata-rata pertumbuhan konsumsi (consumption growth) sebesar 3,19 perseb per tahun, maka konsumsi diesel Thailand akan mencapai 29.340 juta liter, atau menigkat dua per tiga (66%) dibandingkan dengan tahun 2008. Dengan growth ini, setiap tahun rata-rata konsumsi diesel Thailand bertambah 500 juta liter per tahun,  Dari sisi Supply, pertambahan produksi biodiesel domestik hanya berkisar 50 juta liter per tahun. Keadaan ini mengakibatkan ksesenjangan yang semakin melebar (widening gap) antara produksi dan konsumsi di Thailand.

PROYEKSI B15 DI THAILAND

Kesenjangan yang semaki n melebar di atas dapat diatasi jika Kebijakan Nasional Thailand tentang pengembangan biodiesel dapat lebih mengembangkan dari sisi supply side. Fakta menunjukkan, bahwa kapasitas terpasang industri biodiesel thailand masih mencapai 60 petsen dan masih dapat ditingkatkan ke level yang lebih tinggi. Disamping itu, kebjjakan untuk menutup keran impor bahan baku CPO menjadi faktor yang membatasi perkembangan mandatori biodiesel di Thailand.

Dan bahkan kondisi saat ini kebijakan Mandatori B5 hanya mampu direalisir 3%, dan dengan kebijakan nasional Thailand, dipadu hingga bisa mencapai B7. Dengan asumsi B7 bisa berjalan dengan baik, maka kondisi widening gap (Gambar 1) masih terjadi hinngga 2027, dan target Negara Thailand untuk menggunakan energi terbarukan hingga 30% atau 5 milyar literpada tahun 2036 akan tertinggal jauh.

Dengan proyeksi secara bertahap mandatori B10 pada tahun 2019, dan mandatori B15 pada tahun 2022, maka pada tahun 2027, produksi biodiesel Thailand akan mampu mencapai 4,4 milyar liter pada tahun 2027, dan 5,1 milyar literpada tahun 2036 (sesuai dengan target pemerintah). Kebijakan ini sekaligus mendorong percepatan industri hulu (peningkatan produktivitas), maupun membuka peluang kerja sama dengan negara Indonesia untuk memenuhi kebutuhan bahan baku CPO industri biodiesel Thailand, terutama dalam konteks MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) saat ini.

KESIMPULAN

Industri biofuel siap memberikan kontribusi penting untuk memenuhi kebutuhan energi Thailand dengan menyediakan bahan bakar bersih di dalam negeri. Rumusan kebijakan biodiesel Thailand telah tersusun dengan baik hingga proyeksi tahun 2036. Namun realisasi hingga saat ini, kebijakan mandatori biodiesel Thailand baru mencapai B3 dan saat ini sedang diupayakan mencapai B7. Namun B7 juga tidak akan mampu memenuhi harapan tersebut, sehingga, proyeksi yang diharapkan dapat memenuhi harapan tersebut ialah dengan pengembangan B10 pada tahun 2019 dan B15 pada tahun 2022. Dengan pryeksi ini, maka target 5,1 milyar liter pada tahun 2036 akan bisa dicapai. Implikasi dari kebijakan tersebut adalah penguatan industri hulu dan membuka kerja sama pengadaan bahan baku CPO antar negara(G to G).

Tim Riset PASPI | Monitor Vol. III. No. 41

Post View : 1117
EnglishIndonesia