Debat Capres 2019 : Beda Fokus Strategi Soal Energi Biodiesel

JAKARTA – Masalah pengembangan energi biodiesel menjadi perhatian para calon presiden dalam acara Debat Capres 2019 Putaran Kedua, saat mengulas sektor energi. Calon Presiden nomor 01 Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan saat ini Indonesia sedang menuju pada proses pengembangan energi B100 atau campuran biodiesel 100 persen pada BBM.

“Kita sudah produksi B20 sudah sebanyak 98 persen, artinya B20 sudah rampung, saat ini kita menuju B100,” kata Jokowi. Jokowi juga menyampaikan bahwa sebanyak 30 persen sawit di Indonesia akan dimanfaatkan menjadi energi baru terbarukan. “Ini sudah kita rencanakan secara rigit dan jelas, hal ini untuk agar kita tidak tergantung pada impor minyak,” katanya.

Sementara, Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menjelaskan untuk mencapai kedaulatan dibutuhkan kemandirian di bidang energi. Prabowo menjelaskan dibutuhkan upaya dan arah yang tepat. “Sebagaimana tadi saya sampaikan, setiap arah, setiap usaha ke arah kemandirian di bidang energi,” katanya.

Dia mengapresiasi di kepemimpinan Jokowi dan pemerintahannya telah melakukan hal positif di bidang energi. “Tapi kita koreksi juga kalau ada kekurangan. Jadi ini diskursus yang sehat, sekali lagi kami mendukung,” jelas dia. Jika terpilih, ia memiliki strategi untuk menggenjot kelapa sawit, aren, cassava (singkong) bahkan ethanol dari gula. “Semua kita gunakan supaya kita tidak mengimpor bahan energi dari luar negeri,” imbuh dia. (es)

Investor Daily | Senin, 18 Februari 2019 | Penggunaan Biodiesel Jadi Perhatian Capres

Copyright ©2019 Indonesian Palm Oil Association (IPOA) All rights reserved.
Contact Us | About GAPKI | GAPKI Conference | Location Maps