GAPKI : Andalas Forum 2019, Sawit Sebagai Pilar Pembangunan Nasional

BATAM – Kegiatan Andalas Forum dihadiri pemangku kepentingan sawit dari seluruh daerah di Indonesia mulai dari pelaku usaha, petani, akademisi, dan supporting industry.

Hadir dalam pembukaan Andalas Forum yaitu Williastra Dany (Asisten Deputi Perkebunan dan Holtikultura Kemenko Perekonomian), Joko Supriyono (Ketua Umum GAPKI), Dedi Djunaedi (Direktur P2HP Kementerian Pertanian RI), Ferry HC (Kadisbun Provinsi Riau), dan pengurus GAPKI pusat dan daerah.

Wisnu Suharto, Ketua Panitia Pelaksana, mengatakan Andalas Forum dihadiri lebih 350 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Tujuan forum ini adalah memajukan dan mengembangkan industri sawit sebagai pilar pembangunan nasional melalui kegiatan seminar, lokakarya dan pelatihan.

Forum Andalas mengulas berbagi isu perkelapasawitan selama dua hari, 21-22 Februari 2019. Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit dan sejumlah sponsor dari perusahaan perkebunan sawit serta industri pendukung.

Joko Supriyono mengatakan GAPKI mendukung pembentukan berbagai forum seperti Andalas Forum, Borneo Forum, dan Celebes Forum di sejumlah daerah di Indonesia. Sebab, kehadiran forum ini juga membantu advokasi permasalahan sawit dan menjadi media kampanye positif sawit.

“Kalau selama ini sawit dikampanyekan negatif. Dengan adanya forum kita lebih massif kampanyekan sisi positif sawit yang itu masih kurang dinformasikam ke publik,” ujarnya.

Williastra Dany menjelaskan bahwa sawit sebagai komoditas strategis dalam membangun perekonomian nasional kita.

Dedi Djunaedi mengharapkan forum ini mampu membangun sinergi dan komunikasi diantara pemangku kepentingan sawit. “Tidak perlu lagi berselisih melainkan dapat bersinergi dengan kehadiran forum ini,” jelasnya.

Pembicara yang hadir antara lain Direktur PT Mutuagung Lestari, Irham Budiman, Ketua DPW Apkasindo Prov. Riau, Ir Gulat ME Manurung MP, Widyaiswara Hubungan Industrial Kementerian Ketenagakerjaan, Drs. Much. Zamhari.MM, Presiden Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Mudhofir Khamid, S.H, Deputi Direktur Bidang Pengelolaan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Zainuddin, AK, MM, QIA, CFE, CA.

Source : sawitindonesia.com | Andalas Forum 2019 : Industri Sawit Harus Berkembang Dan Berkelanjutan

Copyright ©2019 Indonesian Palm Oil Association (IPOA) All rights reserved.
Contact Us | About GAPKI | GAPKI Conference | Location Maps