Sekjen GAPKI : Bertemu Sawit Mulai Dari Bangun Tidur, Hingga Tidur Kembali!

Sawit Indonesia terus mendapat serangan dari berbagai pihak. Tidak ingin terpancing dengan isu yang dihembuskan, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) justru melawannya dengan kampanye positif untuk menyadarkan masyarakat tentang manfaat kelapa sawit.

Beberapa berita positif yang dikeluarkan Gapki, di antaranya bagaimana sawit mampu meningkatkan ekonomi Indonesia, bagaimana manfaat kelapa sawit hingga mengangkat sesuatu yang tidak diketahui orang lain.

Menurut Kanya Lakshmi Sidarta, Sekretaris Jenderal Gapki, mengatakan, saat ini banyak orang yang belum tahu bahwa sawit itu telah dimanfaatkan di berbagai hal untuk kebutuhan masyarakat, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Produk itu mulai dari perlengkapan mandi, kosmetik, makanan seperti cokelat, bahan pakaian, bahan baku cat, pelumas mesin hingga bahan bakar biodiesel.

Jadi, kelapa sawit tidak diolah menjadi CPO dan minyak goreng saja, tapi produk turunannya ada lebih dari seratus produk. Berbeda dengan 20 tahun yang lalu, di mana 100% ekspor sawit dalam bentuk CPO, saat ini ekspor CPO tinggal 20%, dan 80% ekspor produk turunan.

“Fasilitas pengolahan ada di Indonesia, tapi memang belum cukup. Kalau hasilnya 100 (%) harus diolah jadi 100 (%), tapi fasilitas mungkin cuma 80 (%), itu pun dibagi-bagi, ada refinery, chemical, jadi masih kurang serapan,” ujar Lakshmi.

Biodiesel adalah salah satu turunan sawit yang paling bermanfaat saat ini. Pemerintah bahkan mengeluarkan kebijakan bahan bakar biodiesel 20% (B20) yang dimulai tahun lalu dan 30% (B30) yang mulai diwajibkan tahun ini. Biodiesel sendiri merupakan salah satu alternatif energi fosil yang merupakan energi terbarukan.

Source : Wartaekonomi.co.id | Ini Dia Produk dari Sawit dalam Kehidupan Sehari-hari

Copyright ©2019 Indonesian Palm Oil Association (IPOA) All rights reserved.
Contact Us | About GAPKI | GAPKI Conference | Location Maps