GAPKI & JAPBUSI Berkomitmen Kuat Tingkatkan Kesejahteraan Petani Sawit

Ketua bidang Ketenagakerjaan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Sumarjono Saragih mengatakan pihaknya memiliki komitmen kuat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani kelapa sawit. Apalagi di tengah diskriminasi Uni Eropa terhadap CPO yang mengancam kelangsungan 16 juta pekerja di sektor sawit.

Sumarjono mengatakan GAPKI terus menjalin kerjasama dengan serikat pekerja sawit, antara lain dengan Jejaring/Serikat Pekerja Buruh Sawit Indonesia (JAPBUSI) yang sudah terjalin sejak 2017. Keduanya terus saling menguatkan untuk menangkap kampanye negatif terhadap komoditas sawit yang dilancarkan Uni Eropa dan sejumlah LSM.

“Kami memiliki tujuan yang sama yakni meningkatkan kesejahteraan,” kata Sumarjono Saragih di Jakarta pada 27 April 2019. Kerjasama GAPKI dan JAPBUSI dalam upaya memperbaiki dan meningkatan kualitas kerja serta kesejahteraan tenaga kerja industri perkebunan kelapa sawit melalui sosisalisasi, pelatihan dan sharing best practice.

Sementara itu, Sekretaris Eksekutif JAPBUSI Nursanna Marpaung mengatakan total pekerja di Industri kelapa sawit baik swasta maupun negara sebanyak 3,75 juta orang. Selain itu, terdapat juga 2,2 juta petani sawit. “Jadi secara total jumlah pekerja yang terlibat rantai pasok sawit bisa mencapai 16,2 juta orang,” katanya.

JAPBUSI sangat mendukung langkah pemerintah memperjuangkan komoditas sawit dari diskriminasi dan kampanye negatif. Apalagi, industri ini tak hentinya diterpa isu negatif. Salah satunya adalah isu mengenai tenaga kerja di perkebunan kelapa sawit. Terutama, isu mengenai upah dan kesejahteraan tenaga kerja di perkebunan kelapa sawit.

Indonesia merupakan produsen dan eksportir minyak sawit terbesar di dunia. Tahun 2017, ekspor minyak sawit mendulang devisa Rp 317 triliun atau 13% dari total nilai ekspor nasional. Angka ini lebih besar daripada nilai ekspor migas yakni 9 %. Selain itu 41% kebun kelapa sawit dimiliki oleh rakyat dan sisanya 59% dimiliki oleh perusahaan baik swasta maupun pemerintah.

Source : Nasionalisme.co | Komitmen GAPKI dan JAPBUSI Tingkatkan Kesejahteraan Petani Sawit

Copyright ©2019 Indonesian Palm Oil Association (IPOA) All rights reserved.
Contact Us | About GAPKI | GAPKI Conference | Location Maps