Mentan : Uji Biodiesel Sawit 100% (B100), Hingga 3000 Km Tanpa Mogok

JAKARTA – Penggunaan energi alternatif berbahan baku minyak sawit atau akrab dikenal dengan Biodiesel, semakin berpotensi untuk terus dikembangkan penyerapannya menjadi biodiesel 100% (B100).

Dikatakan Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, pengembangan energi alternatif dari kelapa sawit yang dikenal dengan biodiesel sudah bisa dilakukan secara penuh, artinya tanpa harus dilakukan pencampuran dengan minyak solar berbasis fosil. “Kita sudah gunakan B100 dan hasilnya bagus, dan sudah digunakan untuk kendaraan hingga 3000 Km tanpa ada kendala (mogok),” katanya saat acara Buka Bersama dengan segenap staf Kementerian Pertanian bertema Pererat Ukhuwah Islamiah di Era Industri 4.0 yang dihadiri InfoSAWIT, Senin (27/5/2019) di Jakarta.

Menariknya lebih lanjut kata Amran, penggunaan biodiesel ini bisa menghemat pengeluaran negara hingga 13% sehingga bisa mendukung perekonomian negera. Disamping bahan bakunya tersedia, apalagi Indonesia adalah produsen kelapa sawit.

Senada dikatakan Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Kasdi Subagyono, penggunaan biodiesel sawit terus di dorong yang saat ini akan diterapkan B30, dengan cara ini maka akan ada tambahan serapan CPO sebanyak 3 sampai 4 juta ton. “Sementara penggunaan B20 serapannya sekitar 6,2 juta Kilo Liter,” tandas Kasdi. (T2)

Source : infosawit.com | Biodiesel Sawit 100% (B100) Sudah Layak Digunakan

Copyright ©2019 Indonesian Palm Oil Association (IPOA) All rights reserved.
Contact Us | About GAPKI | GAPKI Conference | Location Maps