Sosialisasi dan Klinik ISPO di Kalimantan Barat

GAPKI Gerak Cepat Demi Tercapainnya Target 100 Persen Perusahaan Anggota Tersertifikasi ISPO Tahun 2020

Dalam rangka memenuhi target seluruh anggota memperoleh sertifikat ISPO pada tahun 2020, GAPKI gencar melakukan kegiatan Sosialisasi dan Klinik ISPO di daerah daerah sebagai salah satu upaya membantu anggota dalam mempersiapkan penilaian dan pemenuhan prinsip ISPO.

GAPKI mengadakan Sosialisasi dan Klinik ISPO di Kalimantan Barat pada 17-18 Desember 2019 bertempat di Hotel Mercure Pontianak. Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Florentinus Anum M.Si, dan dihadiri Pengurus Pusat GAPKI Bidang Implementasi ISPO, Ketua dan Pengurus Cabang GAPKI Cabang Kalimantan Barat dengan jumlah peserta sebanyak 64 orang yang berasal dari 32 perusahaan.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat dalam sambutannya mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh GAPKI yang bekerjasama dengan Ditjenbun/Komisi ISPO ini. ‚ÄúPemerintah daerah terus akan memfasilitasi program ISPO namun perlu dukungan semua pihak karena pemda tidak bisa melakukan hal ini sendiri,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perkebunan juga menghimbau agar perusahaan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Kalimantan Barat agar bergabung dalam keanggota GAPKI. Terdapat sekitar 378 perusahaan perkebunan di Kalimantan Barat, sementara yang menjadi anggota GAPKI baru sekitar 50 perusahaan.

Gubernur telah mengeluarkan surat himbauan agar perusahaan bergabung menjadi anggota GAPKI untuk memudahkan koordinasi pemerintah dan pengusaha. Sementara Pengurus Pusat GAPKI yang diwakili Neurela Desy Pidie, pengurus Bidang Implementasi ISPO berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi anggota anggota GAPKI di Kalimantan Barat dalam mempersiapkan uji sertifikasi ISPO demi terwujudnya sawit Indonesia yang berkelanjutan.

Kegiatan ini bentuk keseriusan pelaku usaha sawit mendukung program pemerintah untuk menghadirkan industri sawit nasional yg berkelanjutan dan meningkatkan daya saing serta keberterimaan sawit Indonesia di pasar domestik maupun global.

Sosialisasi dan Klinik ISPO di Kalimantan Barat menghadirkan Kepala Sekretariat Komisi ISPO Aziz Hidayat dan Tim dari Komisi ISPO sebagai narasumber. Peserta yang merupakan perwakilan dari perusahaan dapat mengajukan pertanyaan dan berdiskusi tentang permasalahan yang ditemukan di lapangan terkait dengan pemenuhan standard ISPO. Eko Tamba

EnglishIndonesia