Implementasi B30 Telah Terlaksana, Pemerintah Langsung Kebut ke Bauran B40 & B50

JAKARTA. Program mandatori campuran biodiesel sebesar 30% bahan bakar minyak (BBM) jenis solar atau B30 sudah diimplementasikan di seluruh Indonesia pada 1 Januari 2020. Kini, pemerintah ingin tancap gas untuk meningkatkan baurannya menjadi B40 dan B50.

Direktur Bioenergi Kementerian ESDM Andriah Feby Misna mengatakan, ujicoba B40 dan B50 akan segera dilakukan oleh Badan Litbang (Balitbang) ESDM pada awal tahun ini. “Kepastian (uji B40 dan B50) di Balitbang,” kata Andriah saat dihubungi KONTAN, akhir pekan lalu.

Implementasi program ini terus ditingkatkan karena potensi penghematan devisa yang diperoleh cukup besar. Dari program B30 yang diberlakukan mulai 1 Januari 2020, pemerintah mengestimasikan bisa menghemat devisa sekitar Rp 63 triliun.

Andriah menyatakan, estimasi itu didapat dengan mengomparasikan impor solar yang berdasarkan harga Mean of Platts Singapore (MOPS), volume fatty acid methil ester (FAME) yang digunakan, dan kurs rupiah. “Itu estimasi, berapa biofuel yang bisa dipakai maka segitu juga impor yang dikurangi,” jelas dia.

Kepala Balitbang ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, pihaknya akan mengujicoba B40 dan B50 pada kuartal I-2020. Untuk prosesnya akan dilakukan uji pencampuran untuk mendapatkan komposisi kadar campuran B40 dan B50 yang tepat, uji mesin statis, dan berlanjut ke uji jalan.

Jika B40 dan B50 tetap berbasis FAME, maka perlu penelitian lagi. Penelitian mencakup penyempurnaan apa saja yang perlu dilakukan terhadap FAME maupun mesin-mesin yang akan memakai FAME berkadar di atas 30%.

Sebagai alternatif, B40 bisa menggunakan FAME dengan kadar 30% dan campuran 10% dari green diesel atau Hydrotreated Vegetable Oil (HVO). Sementara untuk B50, kadar campuran HVO sekitar 20%.

Peneliti Indef, Abra PG Talattov menyebutkan, dengan tambahan campuran biosolar dari B20 ke B30, devisa yang bisa dihemat sekitar US$ 2 miliar atau setara dengan senilai Rp 30 triliun.

Perkiraan tersebut dihitung berdasarkan pada estimasi pengurangan impor solar sepanjang tahun 2019 karena program B20. “Penghematan devisa tersebut juga akan sangat bergantung dengan fluktuasi harga minyak dunia tahun ini,” ujarnya.

Kontan | Selasa, 7 Januari 2020 | BIODIESEL : Pemerintah Tancap Gas Ujicoba B40 | Picture by Reuters

Copyright ©2019 Indonesian Palm Oil Association (IPOA) All rights reserved.
Contact Us | About GAPKI | GAPKI Conference | Location Maps