Sebar Sabun! Industri Sawit Bersama KLHK Gelar Gerakan Bersih Cuci Tangan

Jakarta – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), PT Musim Mas, Wings Group dan komunitas bersatu dalam aksi peduli sosial Gerakan Bersih Cuci Tangan. Mereka membagikan 50 ribu sabun pada warga di Jagakarsa, Pasar Rebo, dan Serpong.

Sabun tersebut merupakan donasi dari perusahaan yang memproduksi sabun dari bahan baku minyak sawit. Tak berhenti di sana, sabun disertai pamflet tata cara cuci tangan yang benar dibagikan pula ke beberapa lokasi di kawasan Jabodetabek. Lokasi pembagian dipilih berdasarkan pertimbangan peta sebaran Covid-19. Seperti diketahui, penyebaran Covid-19 yang meluas di Indonesia sebenarnya bisa diatasi dengan menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun, sesuai anjuran WHO.

Aksi Gerakan Bersih Cuci Tangan dipimpin langsung oleh Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, M.R. Karliansyah. Ia mengatakan, melindungi diri sama artinya dengan melindungi keluarga.

“Setiap individu dapat melindungi diri dari serangan virus Covid-19. Salah satunya adalah dengan rajin membersihkan tangan dengan sabun. Mari saling menjaga, saling melindungi, siapa pun yang ada di sekitar kita, utamanya adalah keluarga”, ucap Karliansyah.

KLHK juga memberi bantuan berupa penyemprotan disinfektan yang terbuat dari bahan organik di sejumlah wilayah pandemi Jabodetabek. Hal itu dikarenakan disinfeksi wajib dilakukan di wilayah yang sudah terpapar corona. Disinfeksi sendiri adalah tindakan pencegahan dari organisme berbahaya, baik virus, bakteri, maupun jamur yang dapat menyebabkan penularan penyakit.

Selain kegiatan pembagian sabun dan penyemprotan disinfektan, KLHK memberi bantuan berupa masker ke beberapa rumah sakit, polsek, dan puskesmas. Aksi sosial ini dilakukan hingga Rabu (1/4) di pemukiman warga wilayah pendemik dan pasar-pasar tradisional di Jakarta. (rea)

Source: cnnindonesia.com | Peduli Covid-19, KLHK Gelar Gerakan Bersih Cuci Tangan

EnglishIndonesia