Harga CPO Perlahan Mulai Melemah! Namun, Masih Berpeluang Menguat

Jakarta – Harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) Malaysia untuk kontrak pengiriman Juni di Bursa Malaysia Derivatif Exchange mengalami koreksi cukup tajam pada perdagangan perdana awal pekan ini, Senin (29/3/2021).

Harga CPO drop 1,9% dibanding posisi penutupan pekan lalu. Kini harga minyak nabati unggulan Indonesia dan Malaysia ini dibanderol di RM 3.621/ton dan menjadi harga terendah dalam hampir satu bulan terakhir.

Kendati mengalami penurunan, harga minyak sawit diperkirakan masih berpeluang menguat.

Wakil Ketua Asosiasi Kelapa Sawit Indonesia Togar Sitanggang mengatakan dia tetap optimis dan memperkirakan CPO akan diperdagangkan pada kisaran RM 4.100-RM 4.715 per ton pada paruh pertama tahun ini.

Sebaliknya, direktur Godrej International Ltd Dorab Mistry, memiliki pandangan yang paling bearish karena dia memperkirakan harga CPO akan turun drastis menjadi RM 2.700 per ton mulai Juli.

Editor dan CEO Oil World Thomas Mielke mengatakan dia memperkirakan harga mulai turun pada kuartal kedua. Namun, dia mengatakan penurunan akan moderat selama stok tetap rendah.

Menurut beberapa analis, harga minyak nabati global mendekati puncaknya tetapi mungkin lambat untuk turun ke level sebelumnya karena stok yang rendah, pemulihan yang lambat dalam produksi dan permintaan global yang lebih tinggi dalam produksi biofuel.

Harga minyak nabati utama seperti minyak sawit dan minyak kedelai kemungkinan telah mencapai puncak tertingginya dalam beberapa tahun terakhir pada tahun 2021.

“Untuk 2021, perkiraan (produksi) saya telah dipangkas dari 20 juta ton menjadi 19,6 juta ton di Malaysia dan dari 49 juta menjadi 48 juta untuk Indonesia,” kata Dorab Mistry, direktur perusahaan barang konsumen India Godrej International sebagaimana diwartakan Reuters.

“Pasokan minyak sawit dunia diperkirakan akan meningkat 3 juta ton pada tahun 2021 setelah mengalami penurunan sebesar 2,5 juta ton tahun lalu,” tambah Mistry.

Sumber: TIM RISET CNBC INDNESIA | cnbcindonesia.com | Duh! Harga CPO Makin Ambles, Baru Awal Pekan Minus 2% | Ilustrasi gambar melalui merdeka.com

EnglishIndonesia