Permintaan Domestik Meningkat, Harga CPO Tak Bisa Dihentikan

Jakarta –Harga kontrak minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) pengiriman Juli di Bursa Malaysia Derivatif Exchange lanjut menguat pada perdagangan terakhir minggu ini, Jumat (23/4/2021). 

Pada 11.15 WIB harga minyak sawit naik 1,25% ke RM 4.039/ton. Ini merupakan harga tertinggi sejak pertengahan bulan Maret lalu. Sepanjang tahun 2021, harga CPO sempat menyentuh harga tertingginya di RM 3.148/ton. 

Namun setelah itu harga langsung turun. Hanya saja harga CPO tetap berada di atas RM 3.600/ton. Harga minyak nabati unggulan ekspor Malaysia dan Indonesia ini diperkirakan tetap tinggi hingga bulan Juni. 

Selain akibat dari penurunan output di tengah tingginya permintaan ekspor, kenaikan harga juga dipicu karena tingginya harga minyak nabati substitusi seperti minyak kedelai.

Produksi minyak sawit Malaysia bulan ini diperkirakan tetap sama dengan bulan lalu. Namun ekspor meningkat hingga dobel digit. Hal ini membuat stok menjadi menurun. Penurunan stok mengakibatkan harga naik.

Beralih ke dalam negeri, menurut data Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) produksi bulan Februari tercatat sebesar 3,38 juta ton atau 370 ribu ton lebih rendah dibandingkan dengan Januari 2021.

Meskipun ekspor di bulan Februari anjlok tajam tetapi masih bisa diimbangi dengan kenaikan konsumsi domestik sehingga pada akhirnya stok minyak sawit di dalam negeri mengalami penurunan sebesar 214 ribu ton menjadi 4,04 juta ton di akhir bulan Februari.

Harga minyak nabati lain yang meningkat juga menjadi sentimen positif untuk harga CPO. Harga kontrak minyak kedelai di Chicago Board of Trade naik 0,7%. Sementara itu harga kontrak minyak kedelai & CPO yang paling aktif ditransaksikan di Bursa Komoditas Dalian masing-masing 1,7% dan 1,6%.

Penguatan harga minyak mentah dunia dalam dua hari terakhir ikut menopang pergerakan harga CPO yang semakin unstoppable. TIM RISET CNBC INDONESIA

Sumber: cnbcindonesia.com | Gokil Ini Gaes, Harga CPO Tembus Level RM 4.000/ton Lagi

EnglishIndonesia