Dubes Mesir Usul RI Buat Pabrik Sawit Di Terusan Suez

JAKARTA – Duta Besar Republik Arab Mesir untuk Indonesia, Ashraf Mohamed Moguib Sultan meminta Indonesia mendirikan pabrik minyak sawit di Kanal Terusan Suez. Hal itu disampaikan Dubes saat bertemu Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di Kediaman Resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan, usulan Dubes Mesir ini saat Wapres menginginkan agar Indonesia dan Mesir memperkuat kerjasama di bidang perdagangan terutama produk unggulan minyak sawit.

“Wapres juga menyatakan bagaimana agar kedua negara saling bekerja sama dalam perdagangan. Terutama, bahwa Indonesia mempunyai keunggulan-keunggulan produk yaitu minyak sawit supaya ada tarif impor yang lebih rendah, lebih murah dari pemerintah Mesir,” kata Masduki, Rabu (5/10/2022).

Masduki pun mengatakan jika Dubes Mesir langsung merespon dan akan mengkoordinasikan persoalan ini dengan Menteri Perdagangan Mesir.

“Dubes merespon akan mengkoordinasikan persoalan ini Menteri Perdagangan Mesir,” ujarnya.

Namun, kata Masduki, Dubes Mesir juga mengusulkan agar Pemerintah Indonesia dengan perwakilan dagangnya baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ataupun Swasta bisa mendirikan pabrik minyak sawit di sekitar wilayah kanal Terusan Suez. Apalagi, Terusan Suez menjadi jalur perdagangan yang tersibuk di dunia.

“Tapi, ada usulan yang menarik dari Dubes Mesir agar Pemerintah Indonesia dengan perwakilan-perwakilan perdagangannya di pihak BUMN atau swasta bisa mendirikan pabrik Minyak Sawit di kanal terusan Suez dan ini direspon oleh Wapres untuk dikoordinasikan dengan pihak kementerian atau lembaga termasuk dengan menteri BUMN,” kata Masduki.

Sumber: economy.okezone.com | Ilustrasi gambar melalui detik.net.id

EnglishIndonesia