Sawitku Masa Depanku (SAMADE) : Bentuk Koperasi

MEDAN – Sebagai upaya dalam memperkuat asosiasi petani sawit Sawitku Masa Depanku (SAMADE) – yang beranggotan rata-rata petani kelapa sawit swadaya, secara resmi telah membentuk wadah koperasi.

Dikatakan Ketua Koperasi Sawitku Masa Depanku Teguh Kurniawan, dengan membangun koperasi ini adalah salah satu cara dalam upaya memperkuat kelembagaan petani khususnya petani kelapa sawit swadaya. “Semua anggota Asosiasi Sawitku Masa Depanku atau SAMADE ini harus memperkuat Koperasi SAMADE yang telah dirintis sejak beberapa waktu lalu. Terlebih organisasi dan koperasi organisasi itu ibarat dua sisi matauang yang saling berdekatan, tidak bisa dipisahkan. Itulah SAMADE dan Koperasi SAMADE,” katanya di The Coffee Town Jalan Ngumban Surbakti Medan, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Senin (5/1/2018).

Lebih lanjut kata Teguh, SAMADE adalah sebuah asosiasi yang berisi para petani sawit dari seluruh Indonesia, berkantor pusat di Pekanbaru, Riau dan sudah memiliki pengurus di sejumlah provinsi kabupaten, termasuk di Sumut, Riau sendiri, Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, dan daerah lainnya. “SAMADE ingin memperjuangkan nasib mereka sendiri dalam menghadapi tekanan yang keras di industri perkebunan sawit nasional,” katanya.

Sementara salah satu Ketua DPP SAMADE, Pahala Sibuea mengingatkan, koperasi adalah wadah pemersatu bagi para petani sawit guna menghadapi berbagai tantangan. Karena itu Pahala Sibuea meminta semua pihak di SAMADE untuk menguatkan Koperasi Sawitku Masa Depanku.

Demikian pula dikatakan Ketua DPW SAMADE Sumatera Utara, Indra Muda Pasaribu, yang meminta seluruh pengurus dan anggota Koperasi Sawitku Masa Depanku untuk tidak mudah putus asa dalam membangun koperasi bagi para petani sawit yang tergabung dalam Asosiasi SAMADE.

Sementara tutur Ketua DPW SAMADE Riau, Kawas Tarigan, berharap seluruh pengurus dan anggota koperasi untuk tidak cengeng dalam menghadapi dinamika di Koperasi Sawitku Masa Depanku.

“Saya pun jauh-jauh dari Riau datang ke Medan ini, membawa sejumlah pengurus, karena didasari semangat dalam berkoperasi. Saya berbicara di sini pun selaku anggota koperasi. Kami di Riau justru saat ini sangat semangat mengembangkan koperasi kita ini di tingkat kabupaten,” kata Kawas Tarigan.

Dalam pertemuan yang hangat dan penuh dinamika tersebut dibahas perkembangan terakhir Koperasi Sawitku Masa Depanku, dan disusun langkah-langkah lanjutan, termasuk pembenahan di internal pengurus koperasi. (T2)

Source : Infosawit.com