Dubes Esti : Italia tetap bela Sawit Indonesia

JAKARTA – Duta Besar (dubes) Republik Indonesia untuk Italia Esti Andayani menuturkan Italia menjadi salah satu negara Eropa yang mendukung produk kelapa sawit Indonesia. Italia juga bertekad untuk terus membela Indonesia dalam melawan kampanye hitam tentang minyak kelapa sawit.

Parlemen Eropa beberapa waktu lalu mengeluarkan putusan untuk mendepak kelapa sawit Indonesia dalam daftar biodisel yang diperbolehkan masuk ke pasar Uni Eropa (UE).

”Dari awal Italia itu pendukung kita, di manapun, mau di WTO, mau di UE-nya, di Parlemen Eropa, karena mereka semua makanannya maupun produk kecantikannya memakai kelapa sawit,” kata dubes Esti, Senin (12/2/2018).

“Kemarin saya bertemu dengan pihak Nutela segala macam, pakai minyak kelapa sawit dibandingkan minyak-minyak yang lain, lebih tahan lama dan tidak berubah jadi basi. Masa kedaluwarsanya menjadi lebih panjang,” ujar Esti.

”Jadi dia tetap akan memakai kelapa sawit, dia sudah membuktikan dengan penelitian bahwa orang yang mengatakan (konsumsi minyak sawit) tidak sehat itu adalah bohong, dan sekarang dia menang juga pengadilan untuk berita yang hoax itu. Jadi kita menggandeng mereka, mereka mengatakan bahwa Indonesia maunya seperti apa, mereka akan mengikuti kita,” ujarnya.

Esti menuturkan, Menteri Pembangunan dan Perdagangan Italia beberapa waktu lalu sudah menegaskan akan terus bersama Indonesia untuk melawan kampanye hitam untuk kelapa sawit. ”Jadi, memang Italia ini bisa menjadi teman kita,” katanya.

Dubes Esti menambahkan hubungan kedua negara sangat baik dan memiliki masa depan yang bagus. ”Ekspor kita bagus, perdaganganya meningkat, hitungan investasi kita meningkat 200 persen,” katanya.

Source : International.sindonews.com