Kertas dari Tankos : Tandan Kosong Kelapa Sawit

JAKARTA – Awal 2013 lalu a.e.i.o.u. studio sdn. bhd yang berlokasi di Kuala Lumpur, Malaysia memperkenalkan kertas yang terbuat dari tandan kosong kelapa sawit.

Kertas barbahan baku sawit itu bernama “Go Palm”. Perusahaan yang ada semenjak 1996 silam itu, telah mengawali memproduksi berbagai model kertas berbahan baku sawit, yang kebanyakan untuk kertas kado, pembungkus sampai kartu ucapan, semenjak tahun 2009 lalu.

Menurut penuturan Marketing Executive a.e.i.o.u. studio sdn. Bhd, Raymond Foo, keputusan membuat kertas dari tandan kosong kelapa sawit merupakan sebuah keputusan yang berlandaskan visi jangka panjang untuk berkontribusi pada perlindungan lingkungan penggunaan kertas dengan alasan lingkungan, namun faktanya dunia masih membutuhkan kertas untuk packing atau kebutuhan media cetak. “Dan kertas sawit ini sungguh produk yang ramah lingkungan,” katanya bangga.

Sepanjang lima tahun terakhir, setelah memproduksi kertas dengan brand Go Palm, faktanya tanggapan pasar sangat positif apalagi hasil produksi kertas sawit itu telah memberikan keuntungan ke perusahaan mencapai RM 70 setiap bulannya.

Tidak hanya memenuhi pasar lokal di Malaysia, selama ini a.e.i.o.u. studio pula telah mendistribusikan hasil kreasinya itu sampai ke Dubai, Swedia, Hong Kong, Singapura dan Australia.

Akhir-akhir ini tren kertas sawit di Malaysia memang tercatat cukup tinggi, selain GoPalm, pada akhir Mei 2013 lalu, seorang desainer kertas pula memproduksi kertas berbahan baku sawit, kertas itu diberi nama Palm Republik. (T2)

Source : Infosawit.com