Pusat Pelatihan Pembuatan Cokelat Berbasis Sawit

Selama ini Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan (PPKS) identik dengan kelapa sawit. Ternyata sejak tahun 2016 Pusat Penelitian di Sumatera tersebut membuka pusat pelatihan pembuatan cokelat.

Menurut Akmal Agustira, Manajer Pengembangan Usaha dan Promosi PPKS, bahwa pengembangan pusat pelatihan cokelat ini merupakan bagian dari pengembangan Scientist Techno House. Dimana pusat pelatihan cokelat menjadi bagian dari edukasi masyarakat terkait produk turunan sawit.

“Dimana kami membuat cokelat menggunakan lemak CPO. Sehingga masih ada kaitan dengan kelapa sawit. Di sini pengunjung dapat melihat proses pengolahan butter dari CPO. Lalu diperlihatkan juga bagaimana mengolah lembak tersebut menjadi cokelat yang lezat dengan bahan cocoa powder, susu dan bahan lainnya,” jelas Akmal.

Scientist Techno House ini rencananya menjadi pusat edukasi terkait produk turunan sawit serta pelatihan bagi UMKM yang ingin mengolah cokelat berbahan CPO. Para peserta akan dijabarkan cara membuat cokelat menggunakan bahan jadi. “Kami juga akan membekali UMKM yang telah mengikuti pelatihan dengan cokelat compound untuk dijadikan produk olahan,” kata Akmal.

Hingga saat ini pusat perlatihan yang berada di kantor pusat PPKS tersebut telah dikunjungi lebih dari 1000 orang. Di tempat ini pengunjung tidak hanya diperlihatkan cara membuat cokelat namun produk turunan lainnya berbahan dasar CPO sawit.

Source : Kakao-indonesia.com

Video by Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=f99RCjQQ1II&t=281s