GAPKI Mendengar Aspirasi Serikat Buruh

Sumarjono Saragih, Ketua Bidang Ketenagakerjaan GAPKI hadir sebagai salah satu narasumber dalam acara “Trade Union Network For Social Dialog in Palm Oil Reguler Meeting” yang diadakan oleh International Labour Organization (ILO) pada Selasa, 7 Agustus 2018 di Hotel Ashley Jakarta.

Acara ini merupakan pertemuan ketiga dari pertemuan rutin jejaring serikat buruh dalam rangka mempromosikan kerja layak pada sektor perkebunan kelapa sawit. Pertemuan kali ini fokus membahas mengenai mekanisme pengaduan oleh serikat buruh dan pengembangan jaringan komunikasi dan kerjasama dalam kerangka dialog sosial di Indonesia.

Beberapa perwakilan serikat buruh yang hadir yakni Konfederasi dalam KSBSI seperti, Federasi Konstruksi Umum dan Informal (FKUI), F-SBSI Hukatan, F-SBSI Transportasi Industri Umum dan Angkutan KSBSI (FTA). F-SBSI NIKEUBA, F-SBSI LOMENIK, F-SBSI SKUI. Hadir juga perwakilan dari FSP.PP-KSPSI, Konfederasi SPSI (rekosiliasi), Serbundo, Konfederasi SPSI Konggres Jakarta, CNV, dll.

Beberapa serikat buruh berpendapat bahwa mekanisme pengaduan terkait masalah ketenagakerjaan dilakukan dengan banyak cara seperti melalui ISPO dan RSPO, buyer internasional, kerjasama dengan NGO lokal dan internasional sebagai kelompok penekan, dan melalui mekanisme pengadilan hubungan industrial. Mekanisme melalui NGO Internasional dirasa lebih efektif oleh serikat buruh karena perusahaan dinilai lebih tanggap dan respon jika ada sorotan dari dunia internasional, sedangkan mekanisme pengaduan melalui pengadilan hubungan industrial akan memakan banyak biaya dan waktu yang lama.

Salah satu perwakilan Serikat buruh berpendapat bahwa keterbukaan perusahaan untuk berdialog dengan serikat buruh masih kurang. Dialog dialog bipartit antara perusahaan dan serikat buruh mengalami kebuntuan, begitu juga LKS Tripartit kurang maksimal karena minimnya pengawasan dan peran dari pemerintah.

Beberapa perwakilan Serikat Buruh berharap adanya pertemuan yang intens dan rutin dengan GAPKI dan anggota anggotanya membahas masalah ketenagakerjaan. Jejaring Serikat Buruh mengapresiasi keterbukaan dari GAPKI yang semakin “welcome” dengan serikat buruh. “Serikat Buruh siap bekerjasama dengan GAPKI dalam menghalau kampanye hitam tentang sawit dari dunia internasional,” ujar salah seorang perwakilan dari Serikat Buruh yang hadir.

Ketua Bidang Ketenagakerjaan GAPKI, Sumarjono Saragih pada kesempatan ini menyampaikan bahwa GAPKI siap berdialog dengan jejaring serikat buruh dan menjalin komunikasi lebih intens. GAPKI dan serikat buruh harus berjalan beriringan demi masa depan sawit Indonesia. (Eko Sanjaya Tamba)