Lokakarya Wartawan Ekonomi dan Pertanian : Silaturahmi GAPKI & Media, Diikuti 34 Jurnalis

BELITUNG – Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mengadakan Lokakarya Wartawan Ekonomi dan Pertanian di Belitung, 23-25 Agustus 2018. Diikuti 34 jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia.

“Lokakarya ini merupakan agenda rutin dua tahunan Gapki. yang bertujuan untuk memperkuat silaturahmi dan hubungan baik Gapki dengan teman-teman media di seluruh Indonesia,” kata Tofan Mahdi, Ketua Bidang Komunikasi Gapki, dalam pembukaan kegiatan di BW Suite Belitung Hotel, Kamis (23/8).

Tofan mengharapkan dari agenda ini para jurnalis dapat memberikan update terkait isu-isu sektor perkebunan kelapa sawit Indonesia, menjawab hoax seputar industri sawit yang berkaitan dengan tenaga kerja, tata ruang, dan lingkungan,” Kata Tofan.

Ketua Umum Gapki Joko Supriyono menyambut baik agenda ini karena memberikan informasi dan pemahaman komprehensif mengenai industri sawit secara aktual. “Bukan bertujuan untuk membuat berita. Namun Joko berharap ada bekal ilmu yang bisa dibawa pulang.

Agenda ini terbagi dua sesi. Sesi pertama diisi oleh Wakil Ketua Umum III Urusan Perdagangan & Keberlanjutan Gapki Togar Sitanggang, Ketua Bidang Agraria dan Tata Ruang Gapki Eddy Martono, dan Ketua Kompartemen Regulasi dan Pengupahan Gapki Immanuel Manurung.

Kemudian sesi kedua diisi oleh Peneliti Senior Yayasan Inspirasi Indonesia Eusebius Pantja PhD dan seorang pakar media Dr Agus Sudibyo.

Peserta juga akan mengunjungi perkebunan sawit milik Sinarmas Agribusiness di hari berikutnya. Tofan berharap agenda ini memberikan gambaran tata kelola sawit yang berkelanjutan kepada jurnalis.