MITOS 7-11 : Pemanen Energi Surya, Hutan Lebih Baik Dari Kelapa Sawit

Dalam pemanenan energi surya, hutan lebih baik dibanding perkebunan kelapa sawit. (MITOS 7-11)

FAKTA – Sumber energi utama bagi kehidupan manusia di bumi adalah dari energi matahari/surya. Tumbuhan baik hutan maupun perkebunan kelapa sawit merupakan “alat pemanen” energi surya bagi kehidupan di bumi. Jika dibandingkan kemampuan memanen energi surya antara hutan dan perkebunan kelapa sawit menunjukkan (Tabel 7.5)

Bahwa perkebunan kelapa sawit secara relatif lebih unggul pada indikator efesiensi fotosintesis, konversi energi radiasi, produktivitas bahan kering dan incremental biomas. Sedangkan keunggulan relatif hutan adalah pada indikator indeks luas daun dan total stok biomas.

Dengan demikian untuk pemanenan energi surya, perkebunan kelapa sawit lebih unggul daripada hutan. Namun untuk penyimpanan energi (biomas) lebih unggul hutan.

Jika yang diperlukan adalah bagaimana menghasilkan energi yang lebih efisien, menyerap karbon dioksida yang lebih banyak dan menghasilkan oksigen yang lebih besar maka perkebunan kelapa sawit lebih baik daripada hutan. Namun, jika yang diperlukan adalah penyimpanan biomas atau karbon stok yang lebih tinggi dan pelestarian biodiversity maka hutan lebih baik daripada perkebunan kelapa sawit.

Mitos & Fakta Kelapa Sawit (MITOS 7-11)