Kebun Sawit Hijaukan Kembali Pulau Borneo

Pulau Kalimantan pada masa dan pasca era logging menderita pengurasan sumber daya (capital drain) dan hasil logging tidak ada yang kembali (re-investasi) ke Pulau Kalimantan. Akibatnya, eks HPH Kalimantan yang tersisa adalah puing-puing barak logging, jalan logging, eks HPH Continue reading “Kebun Sawit Hijaukan Kembali Pulau Borneo”

Eropa Lagi-Lagi Mengancam Minyak Sawit !

Ancaman minyak sawit yang sedang dirancang Eropa tidak berdasar dan tidak adil serta hanya bentuk praktek buruk persaingan bisnis

Uni Eropa kembali merencanakan ancaman kepada minyak sawit Indonesia. Tanggal 9 Maret 2017 lalu, Parlemen Eropa pada tingkat Komite Lingkungan, Kesehatan Masyarakat dan Keamanan Pangan telah melakukan voting Kebijakan baru yakni menghentikan penggunaan minyak sawit untuk program biodiesel Eropa. Continue reading “Eropa Lagi-Lagi Mengancam Minyak Sawit !”

Minyak Sawit, Minyak Kedelai dan Diabetes

Konsumsi minyak sawit tidak mempengaruhi sekresi insulin sehingga tidak menimbulkan diabetes. Sebaliknya konsumsi minyak kedelai menghambat sekresi insulin sehingga berpotensi meningkatkan kasus diabetes Continue reading “Minyak Sawit, Minyak Kedelai dan Diabetes”

Suatu Survey Literatur : Minyak Sawit Perbaiki Kolesterol dan Gula Darah?

Minyak sawit tidak mengandung kolesterol, mengandung proporsi asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh yang seimbang, mengandung tiga asam lemak yang esensial (oleat, linoleat, linolenat), bersifat semi solid dengan titik leleh berkisar antara 33°C–39°C dan tidak mengandung asam lemak trans. Continue reading “Suatu Survey Literatur : Minyak Sawit Perbaiki Kolesterol dan Gula Darah?”

Tuntutan Sertifikasi Minyak Sawit Baru dari Eropa

Dibalik tuduhan-tuduhan Eropa kepada minyak sawit adalah mencari alasan rencana kebijakan Eropa untuk menerapkan bea masuk tinggi dan memberlakukan ESPO untuk impor minyak sawit ke Eropa

Parlemen Eropa pada tingkat  Komite  Lingkungan, Kesehatan Masyarakat dan Keamanan Pangan tanggal 9 Maret 2017 lalu telah melakukan voting dan menyetujui kebijakan baru yakni menghentikan penggunaan minyak sawit untuk program biodiesel Eropa. Alasannya, proses produksi minyak sawit penyebab deforestasi, degradasi habitat, melanggar hak asasi manusia, standar sosial yang tidak patut dan mempekerjakan tenaga kerja anak-anak. Continue reading “Tuntutan Sertifikasi Minyak Sawit Baru dari Eropa”

Proses Reforestasi dan Perbaikan Ekologi Melalui Perkebunan Sawit di Provinsi Kalimantan Timur

Kalimantan Timur merupakan salah satu Provinsi di Pulau Borneo yang paling banyak mendapat kritikan tajam tentang deforestasi di Indonesia. Tekanan ini semakin diperberat dengan isu biodiversitas, khususnya isu punahnya species orang utan. Di sisi lain, tanaman kelapa sawit mulai dikembangkan di Kalimantan Timur dan deforestasi dikaitkan dengan pertumbuhan kelapa sawit, dan menuduhkan bahwa tanaman kelapa sawit adalah main driver dalam deforestasi di Provinsi Kalimantan Timur. Continue reading “Proses Reforestasi dan Perbaikan Ekologi Melalui Perkebunan Sawit di Provinsi Kalimantan Timur”

Gizi Minyak Sawit Mirip Air Susu Ibu ?

Komposisi asam lemak minyak sawit mirip dengan ASI, sehingga asam lemak palmitat dapat menjadi sumber asam lemak susu formula bayi.

Dalam ilmu gizi, salah satu makanan/minuman yang paling tinggi nilai hayatinya adalah Air Susu Ibu (ASI). Komposisi nutrisi ASI yang seimbang dan lengkap sering digunakan sebagai standar nilai hayati suatu makanan/minuman. Continue reading “Gizi Minyak Sawit Mirip Air Susu Ibu ?”

Geliat Harga Minyak Sawit Global Tak Pengaruhi Kinerja Ekspor

web logo

SIARAN PERS
Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI)

Geliat Harga Minyak Sawit Global Tak Pengaruhi Kinerja Ekspor Continue reading “Geliat Harga Minyak Sawit Global Tak Pengaruhi Kinerja Ekspor”

Indonesia and Pakistan Agree to Form Indonesia-Pakistan Joint Palm Oil Committee (IP-JPOC)

Indonesia and Pakistan has signed the declaration of the establishment of the Indonesia-Pakistan Joint Palm Oil Committee (IP-JPOC). Witnessed by the Ambassador of the Republic of Indonesia to Pakistan H.E. Mr. Iwan S. Amri, the declaration was signed by the Chairman of the Indonesian Palm Oil Association (GAPKI) Mr. Joko Supriyono and the Chairman of Pakistan Vanaspati Manufacturers Association (PVMA) Mr. Izaz Lahi Malik on the sidelines of the Palm Oil Conference (POC) in Kuala Lumpur on March 7, 2017. Continue reading “Indonesia and Pakistan Agree to Form Indonesia-Pakistan Joint Palm Oil Committee (IP-JPOC)”

Cukupkah Hanya Kebun Sawit yang Berkelanjutan?

Untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan, semua sektor, industri, daerah, poduk/jasa, komoditas harus berkelanjutan. Sayangnya saat ini hanya kebun sawit yang memilik tata kelola dan sertifikasi berkelanjutan

Sejak tahun 2016 lalu sampai tahun 2030, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memberlakukan platform pembangunan global yang dikenal dengan Sustainable Development Goals (SDGs 2030), menggantikan platform lama MDGs (Millenium Development Goals). Continue reading “Cukupkah Hanya Kebun Sawit yang Berkelanjutan?”