Menu

Tameng Proteksi Dagang & Resolusi Sawit Eropa

Resolusi sawit Eropa yang memojokkan sawit hanya alasan untuk menghambat laju impor sawit yang mengancam minyak nabati Eropa

Resolusi sawit yang dikeluarkan Parlemen Eropa pada awal Bulan April 2017 lalu, yang memburuk-burukkan sawit bukanlah hal yang baru. Eropa sebagai produsen minyak nabati minyak bunga matahari dan minyak rapeseed (canola), menganggap sawit sebagai ancaman bagi minyak nabatinya.

Continue reading “Tameng Proteksi Dagang & Resolusi Sawit Eropa”

Mencari Minyak Nabati Hemat Deforestasi Dunia

Jika benar-benar masyarakat dunia, LSM lingkungan, akademisi, politisi berkomitmen mengendalikan deforestasi dunia, maka pilihanya adalah minyak nabati dengan deforestasi minimum yakni minyak sawit

Menurut data Oil World, setiap tahun masyarakat dunia membutuhkan tambahan konsumsi minyak nabati sekitar 6 juta ton. Minyak nabati tersebut digunakan untuk kebutuhan dasar masyarakat dunia seperti untuk bahan pangan (minyak goreng, shortening, mentega, industri roti), industri kosmetik dan toiletries (sabun, deterjen) dan untuk energi (biodiesel, bioetanol, pembangkit listrik). Continue reading “Mencari Minyak Nabati Hemat Deforestasi Dunia”

Resolusi Minyak Sawit Uni Eropa & Isu Deforestasi

Kehadiran minyak sawit di EU sesungguhnya menjadi bagian solusi atas dilema pangan energi-deforestasi yang dihadapi EU. Jika impor minyak sawit dihentikan maka EU akan menghadapi banyak masalah seperti terganggunya ketahanan pangan, produksi biofuel turun, directive energi tak tercapai, emisi karbon naik, deforestasi dunia meningkat dan “kue” ekonomi minyak sawit yang dinikmati selama ini akan hilang. Continue reading “Resolusi Minyak Sawit Uni Eropa & Isu Deforestasi”

Masalah Deforestasi, Parlemen Eropa Salah Sasaran

Kehadiran minyak sawit di EU sesungguhnya menjadi bagian solusi atas dilema pangan-energi-deforestasi  yang dihadapi EU. Jika impor minyak sawit dihentikan maka EU akan menghadapi banyak masalah seperti terganggunya ketahanan pangan, produksi biofuel turun, directive energi tak tercapai, emisi karbon naik,  deforestasi dunia meningkat dan pendapatan EU 9 Milyar Euro setiap tahun akan hilang Continue reading “Masalah Deforestasi, Parlemen Eropa Salah Sasaran”

Resolusi Sawit Eropa Rugikan Eropa dan Picu Deforestasi Dunia

Kehadiran minyak sawit di EU sesungguhnya menjadi bagian solusi atas dilema pangan-energi-deforestasi  yang dihadapi EU. Jika impor minyak sawit dihentikan maka EU akan menghadapi banyak masalah seperti terganggunya ketahanan pangan, produksi biofuel turun, directive energi tak tercapai, emisi karbon naik,  deforestasi dunia meningkat dan pendapatan EU 9 Milyar Euro setiap tahun akan hilang Continue reading “Resolusi Sawit Eropa Rugikan Eropa dan Picu Deforestasi Dunia”

Kebijakan Nasional dalam Industri Sawit Menuju Ekonomi Indonesia pada Urutan 10 Besar Dunia

Penelitian ini dilatar belakangi keberhasilan Indonesia menjadi negara utama CPO di pasar dunia. Keberhasilan ini ingin ditransformasi kedalam pembangunan ekonomi Indonesia yang diprediksi akan mencapai peringkat ke-11 dunia pada tahun 2050. Continue reading “Kebijakan Nasional dalam Industri Sawit Menuju Ekonomi Indonesia pada Urutan 10 Besar Dunia”

Resolusi Sawit Oleh Parlemen Eropa Dalam Perspektif Perang Minyak Nabati Global

Untuk mempercepat pembangunan kawasan pedesaan tertinggal di Indonesia diperlukan dorongan kuat (big-push) untuk melakukan perubahan besar. Pengalaman pembangunan perkebunan kelapa sawit di Indonesia dapat dijadikan sebagai salah satu emperical evidence.

Pada awal pembangunan perkebunan kelapa sawit, investasi (infrastruktur jalan/jembatan, penanaman/pemeliharaan TBM, pembangunan perumahan, perkantoran, fasilitas sosial/umum) merupakan bentuk big-push gelombang pertama di kawasan pedesaan. Continue reading “Resolusi Sawit Oleh Parlemen Eropa Dalam Perspektif Perang Minyak Nabati Global”

Pulau Sumatera Feeding The World dan Reforestasi Melalui Kebun Sawit

Pulau Sumatera memiliki karakteristik yang cukup unik dan memiliki kontribusi terbesar dalam pembangunan perkebunan di Indonesia. Indonesia berada pada urutan ke-1 dunia pada tanaman sawit, dengan pangsa 54 persen, urutan kedua komoditas karet dunia dengan pangsa 26 persen, urutan ketiga komoditas coklat, dengan pangsa 8 persen dan urutan keempat komoditas kopi dengan pangsa 7 persen. Continue reading “Pulau Sumatera Feeding The World dan Reforestasi Melalui Kebun Sawit”

Tudingan Parlemen Eropa dan Dosa Kolonialis

Praktik perkebunan di Indonesia saat ini bukan praktik perkebunan masa kolonial Eropa yang menghisap darah dan keringat rakyat

Parlemen Eropa tanggal 4 April lalu menghujat minyak sawit sebagai sektor yang melakukan pelanggaran HAM, mempekerjakan anak-anak dan terlibat dalam praktik korupsi. Continue reading “Tudingan Parlemen Eropa dan Dosa Kolonialis”

Masyarakat Eropa Menikmati Manfaat Minyak Sawit

Masyarakat Eropa menikmati pendapatan 8 milyar Euro lebih setiap tahun dalam bentuk pendapatan nasional, penerimaan pemerintah maupun pendapatan tenaga kerja

Seperti kata pepatah “air susu dibalas air tuba” demikianlah resolusi sawit yang dilontarkan oleh Parlemen Eropa tanggal 4 April yang lalu. Parlemen Eropa tampaknya masih mewarisi praktik kolonialis yang tidak pernah menghargai rakyat negara lain. Continue reading “Masyarakat Eropa Menikmati Manfaat Minyak Sawit”

Copyright 2016 Indonesian Palm Oil Association (IPOA) All rights reserved.
Contact Us | About GAPKI | GAPKI Conference | Location Maps