Supply-Demand Minyak Nabati Uni Eropa : Apakah Resolusi Sawit Mudah Diimplementasikan?

Tujuan tulisan ini adalah untuk menyajikan informasi yang lebih luas tentang pasar minyak nabati (vegetable oil) di Uni Eropa. Dalam kurun waktu 1990-2016, Supply Demand Nabati di UE meningkat hampir dua kali lipat dari 12,6 juta ton menjadi 24,34 juta ton. Pada tahun 1999, Uni Eropa mampu memenuhi 93% konsumsinya dari produksi domestik, atau gap sebesar 7 persen. Namun pada tahun 2016, dengan konsumsi 22,7 juta ton, ketersediaan produksi domestik hanya mencapai 15,36 juta ton. Continue reading “Supply-Demand Minyak Nabati Uni Eropa : Apakah Resolusi Sawit Mudah Diimplementasikan?”

Kemajuan Hilirisasi Minyak Sawit Indonesia

Kemajuan hilirisasi yang terjadi dalam periode 2011-2016 tercermin dari konsumsi CPO domestik dari 7,8 juta ton menjadi 13,5 juta ton, untuk industri olein (minyak goreng dan margarin, dan lainnya), industri oleokimia dan detergen, serta industri biodiesel. Selain tercermin dari konsumsi CPO domestik, hilirisasi minyak sawit domestik juga ditunjukkan oleh produksi industri hilir. Continue reading “Kemajuan Hilirisasi Minyak Sawit Indonesia”

Moratorium Sawit No, Moratorium Hutan Yes

Yang diperlukan untuk menyelamatkan hutan dan biodiversity adalah memoratorium logging hutan dan melakukan restorasi hutan-hutan terdegradasi dan bukan moratorium kebun sawit

Akhir-akhir ini desakan dari LSM untuk moratorium kebun sawit kembali mengemuka. Sasaranya adalah untuk menjaga hutan Indonesia agar tidak makin rusak dan biodiversity termasuk satwa-satwa liar dapat dilestarikan. Jika sasaran tersebut yang ingin dicapai, LSM salah alamat mendesak moratorium kebun sawit. Untuk sasaran tersebut yang diperlukan dan perlu didesak LSM adalah moratorium pemanfaatan hutan (moratorium hutan). Mengapa? Continue reading “Moratorium Sawit No, Moratorium Hutan Yes”

Sang Nenek Moyang Sawit di Kebun Raya Bogor

Plasma nutfah sebagai nenek moyang Kelapa sawit Indonesia yang ditanam tahun 1848 di Kebun Raya Bogor telah melahirkan 11 juta hektar Kebun sawit mulai dari Aceh ke Papua. Nenek moyang Kelapa sawit tersebut sudah punah sejak tahun 1995. Tanggal 18 Mei 2017, 8 varietas buyutnya ditanam kembali di Kebun Raya Bogor dalam acara Sawit Pulang Kampung bertepatan ulangtahun Kebun Raya Bogor ke 200 tahun Continue reading “Sang Nenek Moyang Sawit di Kebun Raya Bogor”

Lemahnya Permintaan Pasar Global, Picu Turunnya Ekspor Minyak Sawit Indonesia

web logo

SIARAN PERS
Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI)

Lemahnya Permintaan Pasar Global, Picu Turunnya Ekspor Minyak Sawit Indonesia Continue reading “Lemahnya Permintaan Pasar Global, Picu Turunnya Ekspor Minyak Sawit Indonesia”

Sawit Indonesia dan Citra Positif Sudut Pandang Resolusi Uni Eropa

Secara ringkas, inti dari Resolusi Parlemen Uni Eropa (3-6 April 2017) menyatakan bahwa persoalan sawit adalah persoalan besar yang dikaitkan dengan isu korupsi, pekerja anak, pelanggaran HAM, penghilangan hak masyarakat adat, dan lain-lain. Sisi pandangan negatif juga menyatakan perlunya alih investasi dari sawit ke sunflower oil dan rapeseed oil, serta kritisi terhadap perbankan, yang dianggap ikut mendukung Continue reading “Sawit Indonesia dan Citra Positif Sudut Pandang Resolusi Uni Eropa”

Resolusi Sawit dan Emisi Karbon Eropa

Dibalik resolusi sawit, Eropa ingin menyembunyikan “dosa Eropa” bahwa emisi karbon Eropa hampir 8 Kali lebih besar dari emisi Indonesia

Parlemen Eropa bernafsu memojokkan sawit dunia khususnya sawit Indonesia. Salah satu tuduhannya adalah bahwa dengan perluasan kebun sawit menghasilkan emisi karbon yang sangat besar, sehingga menyebabkan pemanasan global. Tuduhan Eropa tersebut tidak jelas apa dasarnya sehingga perlu di uji kebenaranya. Continue reading “Resolusi Sawit dan Emisi Karbon Eropa”

Boikot Sawit, Eropa Ancam Ekonomi Petani

Rencana boikot sawit Eropa akan mengancam ekonomi petani, pekerja, usaha kecil-menengah, memicu pengangguran dan kemiskinan di kawasan pedesaan

Resolusi sawit Eropa yang merencanakan boikot minyak sawit masuk ke pasar Eropa, akan mengancam ekonomi jutaan petani sawit (small holder oil palm) diberbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Papua Nugini, dan petani sawit Afrika. Continue reading “Boikot Sawit, Eropa Ancam Ekonomi Petani”

Pangan Eropa Gunakan Sawit Lebih Dari 50 Persen

Masyarakat Eropa tidak bodoh begitu saja menerima kampanye negatif sawit sebagai bagian persaingan bisnis. Masyarakat Eropa masih OK banget dengan berbagai keunggulan minyak sawit yang mereka nikmati

Dalam laporan Parlemen Eropa awal Bulan April 2017 yang diberitakan sebagai resolusi sawit Eropa, juga memuat informasi bahwa lebih dari 50 persen produk-produk pangan yang dihasilkan dan dikonsumsi masyarakat Eropa telah menggunakan minyak sawit. Continue reading “Pangan Eropa Gunakan Sawit Lebih Dari 50 Persen”

Strategi dan Kebijakan Pengembangan Industri Hilir Minyak Sawit Indonesia

Hilirisasi industri minyak sawit nasional merupakan salah satu bagian penting dalam pembangunan jangka panjang industri minyak sawit Indonesia. Tujuan studi ini adalah untuk menganalisis dukungan kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah untuk mempercepat hilirisasi tersebut di Indonesia, yang akan menjadi industri strategis di masa mendatang, mengingat posisi Indonesia sebagai produsen minyak sawit terbesar dunia. Continue reading “Strategi dan Kebijakan Pengembangan Industri Hilir Minyak Sawit Indonesia”