Industri Kelapa Sawit Adalah Kunci Bagi Pencapaian SDGs

Sejak dicanangkan oleh PBB di tahun 2015, Indonesia terus mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainability Development Goals (SDGs). Dengan menunjukkan komitmen yang kuat, yaitu dimasukannya target SDGs kedalam rencana pembangunan nasional.

Industri minyak kelapa sawit, sebagai salah satu industri utama di Indonesia, yang memiliki keterkaitan yang erat dengan SDGs, dan telah mencatat peningkatan kinerja produksi, dan nilai ekspor selama tahun 2017, terus memberikan sumbangsih besar bagi pencapaian SDGs.

Dibukanya perkebunan kelapa sawit di daerah rural, telah meningkatkan taraf penghasilan bagi masyarakat setempat, sebesar 40% perkebunan di Indonesia dimiliki oleh sekitar 2,5 petani kecil kelapa sawit, yang memperoleh penghasilan 7x lebih besar dibandingkan dengan petani komoditas lainnya.

Minyak kelapa sawit sebagai bahan pangan utama, adalah jenis minyak nabati yang banyak digunakan di dunia, dengan produksi yang sangat efisien, dimana 1 hektar tanah dapat menghasilkan lebih banyak dibandingkan dengan jenis minyak nabati lainnya.

Seiring berkembangnya perkebunan kelapa sawit, berkembang pula sarana dan prasarana dasar seperti pusat layanan kesehatan, yang lebih mudah dengan kualitas lebih baik kepada masyarakat setempat.

Demikian pula dengan pembangunan sekolah-sekolah yang telah membantu mewujudkan pendidikan wajib 12 tahun, sebagaimana dicanangkan oleh pemerintah.

Industri minyak kelapa sawit Indonesia, diperkirakan telah menciptakan 17,5 juta lapangan pekerjaan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dan menyumbangkan 319 triliun rupiah dari nilai ekspor setiap tahunnya.

Dengan turut mendorong pertumbuhan sosial ekonomi, minyak kelapa sawit telah membantu pemerataan antara masyarakat urban dan rural.

Selain itu sektor minyak kelapa sawit adalah sektor agriculture utama, yang aktif mengedepankan konservasi hutan dan produksi berkelanjutan. Produksi per hektar yang tinggi yang dihasilkan minyak kelapa sawit, menunjukan bahwa penggunaan tanah perkebunan digunakan secara efisien, dan memitigasi perubahan iklim dunia melalui penyimpanan dan sekuestrasi karbon.

Industri minyak kelapa sawit adalah kunci bagi pencapaian SDGs, terutama dalam pengentasan kemiskinan dan mengatasi kesenjangan dan ketidaksetaraan.

Crude Palm Oil Industries for Sustainability Development Goals